Terkoreksi 2,9% Selama Maret, IHSG Diperkirakan Akan Segera Membaik Seiring Pertumbuhan Ekonomi

- 3 April 2021, 10:19 WIB
ILUSTRASI// Pergerakan IHSG selama sepekan
ILUSTRASI// Pergerakan IHSG selama sepekan /Pixabay.com/PIX1861.

JAKSELNEWS.COM - IHSG mengawali perdagangan perdana di kuartal II 2021 di zona hijau usai menguat 0,43% ke level 6.011,456 pada perdagangan Kamis, 1 April 2021. Penguatan ini terjadi setelah IHSG melemah selama hampir sepekan, bahkan menyentuh level 5.985,52 pada Rabu, 31 Maret. 

Penguatan IHSG pada Kamis dipengaruhi oleh indeks saham di Asia yang ditutup naik. Investor tampak memberi respons terukur atas rencana belanja infrastruktur Pemerintah AS yang dibarengi dengan rencana kenaikan pajak korporasi. 

Jika dibandingkan dengan perdagangan pekan lalu, IHSG masih terkoreksi sebesar 2,9%. Selama sepekan terakhir, IHSG memang dilanda aksi jual.

Baca Juga: Yuk, Jadi Konsumen Skincare Peduli Lingkungan! Begini Langkah Kecil yang Patut Dicoba

Selama akhir Maret, telah terjadi koreksi besar-besaran terhadap IHSG dengan penurunan yang signifikan. Rata-rata nilai transaksi harian Bursa turut mengalami penurunan sebesar 0,60 persen atau menjadi 10,628 triliun dari yang sebelumnya Rp 10,692 triliun.

Kondisi dalam negeri yang tidak dalam keadaan baik diduga mempengaruhi kondisi pasar saham yang mengalami koreksi besar-besaran pada minggu ini. Namun, meskipun kondisi pasar saham saat ini sedang menurun, investor disarankan untuk tidak menjual atau menahan saham yang sudah dimiliki sekarang (hold).

Memasuki kuartal II di 2021, momentum puasa dan lebaran tahun ini diperkirakan akan memberikan cukup banyak pengaruh. Hal ini karena biasanya terjadi kenaikan konsumsi dan inflasi selama masa Ramadhan dan menjelang Idul Fitri. 

Baca Juga: Agensi Ji Soo Dituntut Ganti Rugi Milyaran Syuting Ulang 'River Where the Moon Rises'

Selain itu, terdapat beberapa sentimen yang menumbuhkan optimisme akan adanya harapan bagi pasar saham. Percepatan laju pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan terjadi seiring dengan distribusi vaksin yang sedang diupayakan pemerintah.***

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x