Berkah Pekan Pertama Ramadan, IHSG Menguat 0,26% Pekan Ini

- 17 April 2021, 09:50 WIB
ILUSTRASI//  Pergerakan IHSG pekan ini
ILUSTRASI// Pergerakan IHSG pekan ini /Unsplash/Tech Daily

JAKSELNEWS.COM - Pada perdagangan Jumat, 16 April kemarin, IHSG ditutup menguat tipis 0,26% pada level 6.086,25. Penguatan pada pekan pertama Ramadan dipengaruhi oleh optimisme pertumbuhan ekonomi global dan pertumbuhan ekonomi China yang baik. 

Sepanjang perdagangan kemarin, IHSG sempat bergerak fluktuatif dan berada di zona merah. Terdapat 214 saham menguat, 258 saham melemah, dan 176 saham stagnan.

Transaksi perdagangan mencapai Rp 9,3 tiriliun dari 17,6 miliar lembar saham yang diperdagangkan. Saham AYLS, CENT, dan LINK masuk sebagai saham-saham top gainers

Baca Juga: Anti Bosen! Resep Pudding Nata de Coco, Es Buah yang Jadi Praktis

Pada pekan ini, kapitalisasi pasar saham cukup menguat, dengan kenaikan sebesar 0,44 persen menjadi Rp 7.205,7 tiriliun dibanding penutupan pekan lalu. Rata-rata nilai transaksi harian pun meningkat sebesar 2,63 persen menjadi Rp 9,76 tiriliun. 

Sentimen yang mempengaruhi penguatan IHSG pekan ini salah satunya yaitu, Dana Moneter Internasional (IMF) merilis proyeksi yang optimis terhadap perekonomian global. Pertumbuhan ekonomi global diprediksi menjadi 6%, sementara PDB China diprediksi tumbuh 8,4% sepanjang tahun ini.

Selain itu, perekonomian China juga tumbuh pesat hingga ke angka 18,3% pada kuartal I 2021. China saat ini masih menjadi negara tujuan ekspor utama Indonesia sehingga perekonomian China sedikit berpengaruh terhadap keadaan Indonesia.***

 

 

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x