Begini Cek Tarif Ongkir Pos, Dan Pengiriman Lainnya di Seluruh Indonesia

- 6 Oktober 2021, 10:32 WIB
Hari Pos Sedunia pada 9 Oktober, kenali sejarah dan perkembangan Pos di Indonesia dari masa ke masa.
Hari Pos Sedunia pada 9 Oktober, kenali sejarah dan perkembangan Pos di Indonesia dari masa ke masa. /Posindonesia.co.id

JAKSELNEWS.COM - Keberadaan Pos Indonesia yang begitu panjang, Kantor Pos pertama didirikan di Jakarta oleh Gubernur Jenderal G.W Baron Van Imhoff pada tanggal 26 Agustus 1746 dengan tujuan untuk lebih menjamin keamanan surat-surat penduduk.

Sejak itulah pelayanan pos telah lahir dengan peran dan fungsi pelayanan kepada publik. Setelah Kantor Pos Jakarta didirikan, maka empat tahun kemudian didirikan Kantor Pos di Semarang untuk mengadakan perhubungan pos yang teratur antara kedua tempat itu dan untuk mempercepat pengirimannya.

Pos Indonesia telah beberapa kali mengalami perubahan status mulai dari Jawatan PTT (Post, Telegraph dan Telephone).

Baca Juga: BRI Berikan Kemudahan Transaksi Perbankan Pada Tzu Chi Hospital

Badan usaha yang dipimpin oleh seorang Kepala Jawatan ini operasinya tidak bersifat komersial dan fungsinya lebih diarahkan untuk mengadakan pelayanan publik.

Perkembangan terus terjadi hingga statusnya menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel).

Dengan berjalannya waktu, Pos Indonesia kini telah mampu menunjukkan kreatifitasnya dalam pengembangan bidang perposan Indonesia dengan memanfaatkan insfrastruktur jejaring yang dimilikinya yang mencapai sekitar 24 ribu titik layanan yang menjangkau 100 persen kota/kabupaten, hampir 100 persen kecamatan dan 42 persen kelurahan/desa, dan 940 lokasi transmigrasi terpencil di Indonesia.

Baca Juga: Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Benar, Serta Unsur yang Harus Dicantumkan!

Seiring dengan perkembangan informasi, komunikasi dan teknologi, jejaring Pos Indonesia sudah memiliki lebih dari 4.800 Kantor pos, serta dilengkapi electronik mobile pos di beberapa kota besar.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X