Ekonomi Terus Melambat, Indonesia Terancam Mengalami Resesi

- 12 Agustus 2020, 22:30 WIB
Ilustrasi resesi / Pixabay
Ilustrasi resesi / Pixabay /

JAKSELNEWS.COM – Ekonomi di Indonesia terus mengalami perlambatan, khususnya pada Triwulan II 2020 sebesar 5,32%. Hal ini menyebabkan Indonesia terancam mengalami resesi.

Abdul Muhaimin Iskandar selaku Wakil Ketua DPR RI mengatakan bahwa hal ini seharusnya dijadikan sebagai peringatan untuk Pemerintah Indonesia.

Menurutnya, Pemerintah seharusnya langsung mengambil langkah guna mendorong pemulihan ekonomi di Indonesia untuk menghindari kemungkinan terjadinya resesi.

“Tantangan yang harus kita lakukan adalah segera melakukan terobosan-terobosan dalam menggerakkan ekonomi sehingga kita semua mampu membalikkan pelambatan menjadi pertumbuhan,” ujar Muhaimin pada Rabu 12 Agustus 2020 sebagaimana dikutip Jakselnews.com dari artikel Potensi Bisnis dengan judul Indonesia Terus Alami Perlambatan Ekonomi, Waspadai Kemungkinan Besar Tanah Air Hadapi Resesi yang melansir situs RRI.

Baca juga: Selandia Baru Lockdown Kota Terbesar Setelah 100 Hari Bebas Transmisi Lokal, Apa Yang Terjadi?

Berdasarkan data yang didapat dari Badan Pusat Statistik (BPS), konsumsi rumah tangga telah mengalami perlambatan sebesar 6,51%, padahal konsumsi rumah tangga menjadi salah satu penggerak utama dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Sementara itu, tabungan masyarakat di perbankan nasional meningkat lantaran kelas menengah merasakan adanya ketidakpastian ekonomi yang menyebabkan mereka menyimpan uangnya di bank.

“Salah satu langkah yang harus dilakukan pemerintah untuk menggerakkan perekonomian nasional adalah melalui penciptaan lapangan kerja. Di sinilah saya kira pemerintah harus benar-benar memperhatikan nasib UMKM di masa pandemi ini,” tambah Muhaimin.***



Editor: Husain F.P

Sumber: Potensi Bisnis


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x