Berusaha Pulihkan Ekonomi, Pemerintah Sebaiknya Fokus pada Sektor dengan Pertumbuhan Besar

- 14 Agustus 2020, 12:47 WIB
Ilustrasi grafik perekonomian. (Portal Jember) /Portal Jember

JAKSELNEWS.COM - Ekonomi Indonesia saat ini sedang menjadi perhatian utama masyarakat maupun pemerintah. Angka kasus positif COVID-19 di Indonesia yang belum mereda memicu penurunan ekonomi. 

Resesi ekonomi yang terjadi di berbagai negara terdampak pandemi ini membuat Indonesia dinilai harus mempersiapkan diri akan adanya kemungkinan terjadinya resesi. 

Seperti dilansir Jakselnews dari artikel PikiranRakyat-Cirebon.com berjudul Pemerintah Diminta Contoh Tiongkok Pulihkan Ekonomi, DPR : Jangan Beri Optimisme Berlebihan ke Rakyat, Amin AK yang merupakan Anggota Komisi VI DPR RI menilai sulit bagi Indonesia untuk membalikkan kontraksi ekonomi menjadi pertumbuhan positif dengan keadaan yang ada saat ini.

Amin juga mengatakan tentang penyebab utama masalah Indonesia dalam menyikapi masalah perekonomian di tengah pandemi, yaitu minimnya terobosan dari pemerintah. Pemerintah tidak seharusnya memberikan optimisme berlebihan tentang proyeksi ekonomi yang sulit direalisasikan. Sebaliknya, pemerintah harus bersikap paling realistis agar dapat mengendalikan kondisi perekonomian Indonesia. 

Menurut Amin, pemerintah Indonesia mungkin bisa mengambil pelajaran dari apa yang dilakukan Tiongkok dan Vietnam dalam memulihkan keadaan ekonomi setelah mengendalikan kasus positif di negara mereka masing-masing. 

“Sejumlah sektor seperti sektor komunikasi, makanan-minuman, perdagangan online, dan obat-obatan punya harapan besar untuk tumbuh lebih besar,” ujar Amin. 

Jika pemerintah fokus pada sektor dengan pertumbuhan besar, maka Amin memprediksi jika perekonomian Indonesia dapat tumbuh positif bahkan mengalami ekspansi pada 2021.***

 

Editor: Setiawan R

Sumber: Pikiran Rakyat Cirebon


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X