Mendag Gelar 'Trade Expo Indonesia-Virtual Exhibition' Berkonsep 3D, Guna Siasati Pandemi Covid

- 21 September 2020, 09:21 WIB
Tangkapan layar, Agus Suparmanto selaku Menteri Perdagangan/
Tangkapan layar, Agus Suparmanto selaku Menteri Perdagangan/ /Instagram.com/@agusuparmanto

JAKSELNEWS.COM - Kementerian Perdagangan akan menggelar acara pameran berjudul "Trade Expo Indonesia-Virtual Exhibition" (TEI-VE) dengan konsep tiga dimensi pada 10-16 November 2020. Acara tersebut ditargetkan akan diikuti oleh 200-300 peserta pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Pameran tersebut mengambil tema "Sustainable trade in the digital era" dan didesain dengan basis website menggunakan tampilan gambar tiga dimensi dengan fitur interaktif seperti bermain game. Hal tersebut menyiasati adanya situasi Pandemi Covid-19.

"Tujuannya meningkatkan kembali ekonomi Indonesia melalui promosi ekspor di tengah pandemi," kata Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto ketika menjadi pembicara di acara Virtual Lecture of the Year, Jakarta Marketing Week 2020, Jakarta, Minggu. Dikutip dari ANTARA.

Fitur interaktif disediakan dalam menu navigasi yang dapat membantu mengarahkan perjalanan pengunjung, baik di dalam arena pameran maupun forum bisnis secara virtual. Para pengunjung juga bisa berinteraksi langsung menggunakan aplikasi Zoom maupun tekstual.

"Pameran ini akan memberikan pengalaman seperti pameran fisik dengan mengedepankan konsep Game Play dan tiga dimensi (3D)," ucap Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto.

Para peserta UMKM yang ditargetkan tersebut berorientasi ekspor yang menawarkan produk dan jasa premium, makanan dan minuman, manufaktur, furniture dan kerajinan hingga fashion, dan aksesoris. 

Acara ini juga mengadakan ajang mempertemukan pelaku usaha secara virtual atau Virtual Business matching dan virtual Business forum seperti pembukaan dan penutupan pameran serta seminar, dan diskusi.

Kemudian, Indonesia juga akan berpartisipasi dalam pameran Dubai Expo, 1 Oktober 2021 - 31 Maret 2022, yang sebelumnya dijadwalkan 20 Oktober 2020 - 10 April 2021.

Indonesia akan hadir dalam paviliun Indonesia yang akan didesain  Interaktif dan futuristik dengan menampilkan konsep indonesia Emas 2045 dengan target pengunjung sekitar 2,5 juta orang. Pameran skala dunia ini akan menampilkan prestasi dan kemajuan bidang Industri, teknologi,budaya, sampai lingkungan hidup.***

Editor: Husain F.P

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x