Insentif Kartu Prakerja Anda Lama dan Belum Cair? Berikut Penyebabnya

- 29 September 2020, 12:10 WIB
Panduan Pencairan Intensif Kartu Prakerja www.Prakerja.go.id Melalui Aplikasi GoPay, Harus Premium
Panduan Pencairan Intensif Kartu Prakerja www.Prakerja.go.id Melalui Aplikasi GoPay, Harus Premium /Website Resmi Prakerja/

JAKSELNEWS.COM - Program Kartu Prakerja yang telah membuka pendaftaran pada 11 April 2020 lalu telah menyerap 98 persen dari total target penerima Kartu Prakerja tahun 2020. Tidak sedikit penerima kartu prakerja memberikan keluhan karena status insentif yang sedang diproses dan lama cair, hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor.

Peserta yang sudah lolos menjadi penerima Kartu Prakerja, baru bisa menerima insentif pelatihan jika memenuhi syarat. Berikut Syarat-syaratnya :

  1. Menyelesaikan pelatihan yang ditandai dengan adanya sertifikat.
  2. Dalam hal penerima kartu prakerja mengikuti lebih dari satu pelatihan, insentif pelatihan hanya diberikan pada saat penyelesaian pelatihan yang pertama, tidak ada insentif untuk pelatihan kedua dan seterusnya.
  3. Telah memberikan ulasan terhadap lembaga pelatihan.
  4. Telah memberikan penilaian kepada lembaga pelatihan di Platform Digital.
  5. Telah berhasil menyambungkan nomor rekening bank atau e-wallet di akun situs www.prakerja.go.id.
  6. Nomor rekening bank atau e-wallet yang didaftarkan telah tervalidasi (menggunakan NIK yang sama dengan NIK terdaftar di Kartu Prakerja dan sudah KYC atau akun e-money sudah premium atau upgrade) oleh bank atau perusahaan e-money terkait.

Nantinya, insentif bisa digunakan untuk meringankan biaya yang sudah Anda habiskan ketika pelatihan seperti makan, transportasi, dan pulsa. Bisa juga untuk meringankan biaya selama mencari pekerjaan.

Penyaluran insentif dilakukan maksimal 7 hari setelah semua persyaratan sudah terpenuhi. Untuk insentif survey, akan diterima jika penerima kartu prakerja sudah mengisi survey di www.prakerja.go.id untuk mengetahui evaluasi efektivitas Program Kartu Prakerja.

Pendaftar Kartu Prakerja yang lolos akan mendapatkan biaya pelatihan senilai Rp 1 juta secara gratis dan sejumlah insentif, diantaranya :

1. Insentif Pelatihan, yang besarannya untuk anggaran tahun 2020 adalah Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan 

2. Insentif survei keberkerjaan, yang besarannya untuk anggaran tahun 2020 adalah Rp 50.000 per survey dan akan ada 3 survey.

Dilansir dari Berita DIY berjudul Kenapa Insentif Kartu Prakerja Lama Cair? Ini Penyebab dan Tips agar Segera Cair jumlah insentif yang diterima bisa di cek secara berkala di akun dashboard Prakerja masing-masing.

Berikut beberapa faktor yang bisa dipastikan insentif Prakerja tidak akan dicairkan atau gagal cair :

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Berita DIY


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x