Pertamina Academy Targetkan 500 UMKM Binaan Naik Kelas

- 10 November 2020, 17:31 WIB
UMKM Jawa Barat
UMKM Jawa Barat /pertamina.com

JAKSELNEWS.COM - Melalui program Pertamina Academy, PT Pertamina (persero) menargetkan 500 UMKM bisa naik kelas menjadi usaha yang lebih tahan terpaan ekonomi.

Program UMKM Academy tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 10 November sampai 15 Desember 2020.

Setelah melalui pembinaan tersebut, UMKM ditargetkan dapat naik kelas bisnisnya menjadi lebih terstruktur.

Menurut VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman,dalam penjelasannya melalui konferensi pers virtual yang diikuti Antara di Jakarta, Selasa (10/11), program tersebut adalah program percepatan pembinaan UMKM dari mitra binaan Pertamina.

Fajriyah Usman berharap dengan pelatihan mitra usaha Pertamina ini, UMKM bisa berkembang dengan mandiri dan turut menyerap tenaga kerja bagi lingkungan sekitar, sekitar perekonomian Indonesia dapat meningkat tarafnya.

Pertamina sendiri memiliki parameter dalam melihat kriteria naik kelas di antaranya jumlah pegawai, peningkatan nilai penilaian, peningkatan kapasitas produksi, peningkatan omzet.

Selain itu juga ada pelibatan masyarakat sekitar untuk menghasilkan produk, pemasaran di luar kota/negeri, dan memperoleh sertifikat nasional/internasional.

Jika ada satu parameter yang dipenuhi maka UMKM bisa disebut menjadi naik kelas usahanya. Berbagai program pelatihan akan diberikan dalam masa pelatihan untuk UMKM di antaranya pembuatan website, listing di situs e-commerce, pelatihan marketing, implementasi aplikasi digital, sosial media dan otomatisasi produk.

Dengan naik kelasnya UMKM ini, diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan kemandirian ekonomi dan penyediaan lapangan kerja, ditambah lagi UMKM merupakan tulang punggung perekonomian nasional.***

Editor: Husain F.P

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x