IPO Hari Ini, PT RMK Energy Tbk. Perusahaan Pemilik Terminal Khusus Batubara Swasta

- 7 Desember 2021, 10:49 WIB
Pencatatan SaHam Perdana RMKE
Pencatatan SaHam Perdana RMKE /Instagram @Indonesiastockexchane

JAKSELNEWS.COM - PT RMK Energy Tbk mulai  melantai di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham RMKE pada 7 Desember 2021. RMKE merupakan Perusahaan tercatat ke-48 di BEI pada 2021.

Harga penawaran atau IPO RMKE Rp206 per lembar saham. PT RMK Energy Tbk berharap menghimpun dana senilai Rp180,25 miliar dari IPO dengan jumlah saham yang dilepas 875 juta lembar saham.

RMKE bergerak di bidang pelayanan jasa logistik batubara dan trading batubara.  Jasa ini meliputi bongkar muat di stasiun kereta api, pengangkutan ke Pelabuhan serta pemuatan ke tongkang. 

Ada beberapa usaha terkait perdagangan batu bara lainnya. Pelabuhan perusahaan Sumatera Selatan merupakan satu-satunya terminal khusus batu bara swasta yang terintegrasi dengan kereta api.

 Baca Juga: Tingkatkan Perlindungan Konsumen, OJK Tinjau Ulang Aturan Unit Link

Sumatera Selatan memiliki deposit batubara terbesar di seluruh Indonesia. Namun, jarak hauling yang jauh (rata-rata diatas 100 km) menjadi tantangan besar di wilayah ini. Infrastruktur minim akan membuat pengangkutan batubara dengan biaya ekonimis sulit dicapai.

Perseroan memanfaatkan peluang tersebut dengan menempatkan lokasi Pelabuhan strategisnya dekat dengan Stasiun pembongkaran kereta api batubara, yaitu Stasiun Simpang.  

Dalam perdagangan hari pertama, RMKE dibuka turun. Hingga pukul 10.30 harga RMKE terkoreksi 12 persen menjadi Rp 194.

 

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: IDX CHANNEL


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x