QRIS dari Bank Indonesia Bisa Digunakan di Malaysia Mulai Hari Ini

- 27 Januari 2022, 15:13 WIB
QR Code Indonesian Standard QRIS, sudah bisa digunakan di Malaysia
QR Code Indonesian Standard QRIS, sudah bisa digunakan di Malaysia /qris.id/

 

JAKSELNEWS.COM - QRIS dari Bank Indonesia mulai hari ini bisa digunakan di Malaysia. BI  memperluas kerja sama QRIS antarnegara dengan Bank Negara Malaysia (BNM). Perluasan kerja sama ini ditandai dengan diluncurkannya uji coba interkoneksi pembayaran antarnegara menggunakan QR Code antara Indonesia dan Malaysia.

Masyarakat di wilayah Indonesia dan Malaysia dapat melakukan pembayaran ritel dengan menggunakan QR Code pembayaran nasional di Indonesia yaitu QRIS (QR Code Indonesian Standard) atau QR Code Pembayaran Malaysia, yaitu DuitNow, pada merchant offline dan online.

Kerja sama ini diawali dengan fase uji coba dan menuju peluncuran fase komersial sepenuhnya pada kuartal ketiga tahun 2022. Kerja sama ini akan diperluas di masa mendatang untuk mendukung pengiriman uang antarnegara secara real-time antara Indonesia dan Malaysia.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Doni P. Joewono, menyampaikan, “Inisiatif untuk menghubungkan pembayaran antarnegara melalui interkoneksi QR Code pembayaran nasional merupakan salah satu wujud implementasi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025.”

Baca Juga: Begini Penilaian dan Rekomendasi IMF terhadap Kinerja Fiskal dan Moneter Indonesia

BI menyadari pentingnya interkoneksi pembayaran antarnegara dan akan terus memperluas inisiatif tersebut guna memberikan kemudahan dan memperluas pilihan pembayaran bagi masyarakat dua negara.

Pada akhirnya langkah ini akan meningkatkan efisiensi transaksi, mendukung digitalisasi perdagangan dan investasi, serta memperkuat stabilitas makroekonomi dengan mempromosikan penggunaan Local Currency Settlement/LCS (penyelesaian transaksi dengan mata uang lokal) secara lebih luas.

“Penggunaan direct quotation nilai tukar mata uang lokal yang disediakan oleh bank-bank Appointed Cross Currency Dealer (ACCD) di bawah kerangka LCS akan meningkatkan efisiensi transaksi sehingga biaya transaksi menjadi lebih murah,” lanjut Doni P. Joewono,

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: bi.go.id


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x