Harga Minyak Dunia Melambung, LPG Subsidi 3 kg Dipastikan Tidak Naik

- 2 Maret 2022, 07:15 WIB
Harga Minyak Dunia Melambung, LPG Subsidi 3 kg Dipastikan Tidak Naik
Harga Minyak Dunia Melambung, LPG Subsidi 3 kg Dipastikan Tidak Naik /bumn

JAKSELNEWS.COM - LPG subsidi 3 Kg porsi konsumsinya sekitar 93% dari total konsumsi LPG nasional. LPG ini diperuntukkan  bagi masyarakat yang kurang mampu. Dalam hal ini subsidi yang ditanggung pemerintah sekitar Rp11.000 per Kg, sehingga masyarakat dapat membeli LPG subsidi 3 Kg dengan harga yang terjangkau.

“Jadi meski tren CPA terus meningkat, LPG subsidi 3 Kg tidak mengalami perubahan harga. Harga LPG subsidi 3 Kg tetap mengacu kepada Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh pemerintah daerah setempat.” tegas Pjs. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting.

Irto melanjutkan, Pertamina Patra Niaga, Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) memastikan penyesuaian harga hanya berlaku untuk LPG non subsidi seperti Bright Gas yang porsi konsumsinya hanya 7%.

Penyesuaian harga yang berlaku mulai tanggal 27 Februari 2022 ini juga telah mempertimbangkan kondisi serta kemampuan pasar LPG non subsidi.

Baca Juga: Balasan Duta Besar untuk Lee Young Ae yang Menulis Surat dan Berdonasi untuk Warga Ukraina

Harga Contract Price Aramco (CPA) yang terus meningkat pada bulan Februari mencapai 775 USD/Metrik Ton (MT) atau lebih tinggi 21% dari rata-rata CPA sepanjang tahun 2021.

Kenaikan tampaknya akan berlanjut akibat  kondisi geopolitik yang memanas di Eropa Timur antara Rusia dan Ukraina, Pemerintah dan Pertamina memutuskan tidak menaikkan harga LPG subsidi 3 Kg.

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: BUMN


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x