Di Tengah Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi, Kemenkeu Ingatkan untuk Waspada Scarring effect

- 22 April 2022, 15:55 WIB
Di Tengah Pemulihan Pasca Pandemi, Kemenkeu Ingatkan untuk Waspada Scarring effect
Di Tengah Pemulihan Pasca Pandemi, Kemenkeu Ingatkan untuk Waspada Scarring effect /kemenkeu

JAKSELNEWS.COM - Dengan terkendalinya kasus penularan Covid-19 di Indonesia sehingga jumlah penularannya dapat diturunkan, maka mobilitas masyarakat dan perekonomian kembali pulih. Semua indikator perekonomian mulai menunjukkan arah tren positif yang menandakan kini Indonesia masuk pada masa pemulihan ekonomi.

Namun demikian, dalam masa pemulihan ada hal yang harus terus diwaspadai supaya pemulihan ekonomi tidak terhambat dan bisa berjalan dengan baik.   

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara dalam acara Rapat Koordinasi Pembangunan Pusat (Rakorbangpus) Bapenas 2022, mengatakan bahwa salah satu yang harus diwaspadai dalam proses pemulihan ekonomi adalah adanya inflasi karena scarring effect.

“Scarring effect ini adalah bahwa dengan adanya maka permintaan kita menjadi meningkat, namun dunia usaha kita membutuhkan waktu menyiapkan untuk menyiapkan kapasitas produksi yang kembali seperti sebelum pandemi. Scarring effect ini akan menyebabkan peningkatan harga dan inflasi. Ini yang kita harus tangani bagaimana supaya tingkatan harga tidak menjadi terlalu tinggi dan recovery kita tidak terhambat,” jelas Wamenkeu.

Baca Juga: Ada 340 Pos Kesehatan Mudik dari Kemenkes

Namun demikian, selain inflasi karena scarring effect yang perlu diwaspadai dalam proses pemulihan, tiba-tiba terjadi gejolak geopolitik dengan adanya perang Rusia dengan Ukraina yang juga memengaruhi perekonomian dunia.

Tensi geopolitik ini juga berpengaruh pada inflasi sehingga memengaruhi pemulihan ekonomi dunia termasuk Indonesia.

Akibatnya, pertumbuhan ekonomi dunia tahun 2022 akan terganggu dengan adanya gejolak global ini. IMF pun mengoreksi proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia yang sebelumnya 4,4% diturunkan ke 3,6%. 

Selain itu, IMF juga memprediksi kenaikan inflasi dunia 2022 yang sebelumnya berada di kisaran 3,9%, naik menjadi 5,7%. Hal ini turut memengaruhi proyeksi inflasi di negara berkembang, termasuk di Indonesia yang diproyeksikan juga akan mengalami kenaikan inflasi.

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x