Aksesoris PS4 Akan Kompatibel di PS5! Tetapi, Tidak dengan Gamenya

- 10 Agustus 2020, 15:24 WIB
Sony Playstation 5 atau PS5.
Sony Playstation 5 atau PS5. /dok. Sony

 

Jakselnews.com - Sony memastikan aksesoris Playstation 4 (PS4) akan kompatibel dengan Playstation 5 (PS5) yang rencananya akan dirilis tahun ini, tetapi hanya bisa memainkan game-game PS4 saja.

"Kami percaya bahwa game PS5 harus mengambil keuntungan dari kemampuan dan fitur baru yang kami bawa ke platform, termasuk fitur controller nirkabel DualSense," ungkap Sony dalam sebuah pernyataan Senin, 3 Agustus 2020, sebagaimana dilansir Jakselnews.com dari artikel Pikiran-Rakyat.com berjudul Kabar Gembira, Aksesori PS4 Kompatibel di PS5, tapi Tidak dengan Gamenya.

Sony lebih lanjut menyatakan bahwa controller DualShock 4 PS4 hanya dapat bekerja dan mendukung pada game-game PS4. Perusahaan tersebut pun belum mengungkap game PS4 mana saja yang akan didukungnya, tetapi Sony mengkonfirmasi bahwa game roda balap berlisensi, stil arcade, dan stik penerbangan akan bekerja dengan game PS5.

Baca juga: Warna Pilihanmu Sama Dengan Suasana Hatimu Hari Ini

"Kami tidak menjamin pengoperasian semua produk berlisensi resmi atau perangkat periferal perusahaan lain. Silahkan periksa pabrikan untuk status kompatibilitas PS5 dan setiap judul game,"  Sony menjelaskan.

Perusahaan tersebut juga menegaskan kembali bahwa headset PSVR dan berbagai aksesorisnya, termasuk Move wands, dan controller Aim yang berbentuk pistol akan bekerja dengan PS5. Kamera pun juga akan termasuk, tetapi harus membutuhkan adapter khusus yang dijanjikan Sony akan tersedia gratis bagi pemilik PS5. Sony menulis bahwa detail lebih lanjut mengenai hal ini akan diumumkan nanti. 

Meskipun Sony sebelumnya telah menekankan bahwa aplikasi pendamping headset bermerek PS4 tidak akan berfungsi dengan PS5, mereka menyatakan bahwa headset yang menggunakan port USB atau terminal audio pada PS4 akan berfungsi dengan baik.

Namun berbeda dengan Sony, Microsoft melangkah lebih jauh dengan memberikan dukungan atau kompatibel yang penuh antara Xbox One dan Seri X. Hal ini tentunya akan menciptakan persaingan yang lebih ketat antara kedua perusahaan tersebut di dunia video game console. ***

Editor: Husain F.P

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x