Aktris Ana Coto Tuduh Fortnite Tiru Joget Asyiknya yang Viral di TikTok

- 11 Agustus 2020, 21:24 WIB
Tangkapan layar tarian emote Fortnite
Tangkapan layar tarian emote Fortnite /Twitter/@morgan_sung

JAKSELNEWS.COM - Aktris dan penari Ana Coto menyatakan bahwa emote Fortnite bernama "Freewheelin" tidak memberikan atribusi kepadanya. Padahal,  menurut Ana, tarian “Freewheelin” itu  yang sangat mirip dengan tarian dalam video Tiktoknya yang viral. 

Epic Games sebagai pengembang game Fortnite memang tidak memberikan atribusi untuk Ana Coto pada tarian emote terbarunya itu. Dilansir Jakselnews.com dari The Verge, tarian asli Ana Coto menjadi viral di bulan April lalu.

Tidak hanya meraup 15,7 juta penayangan di TikTok, video tarian itu juga menginspirasi BuzzFeed, NBC News, dan Digital Trends untuk menulis profil Coto, memuji dia dengan meningkatkan penjualan sepatu roda, dan menghidupkan kembali hobinya.

Emote "Freewheelin" Fortnite belum dirilis sehingga ada kemungkinan Epic Games masih bisa memberinya kredit, tetapi sepertinya itu bukan rencana perusahaan tersebut. 

Coto menyatakan kepada The Verge bahwa Epic Games belum berbicara dengannya dan mereka pun menolak untuk berkomentar.

Sejauh ini tidak jelas jika Epic Games benar-benar meniru tariannya Ana Coto atau apakah hal seperti ini ilegal. Mungkin saja Coto hanya mempopulerkan gerakan itu di sepatu rodanya alih-alih membuatnya sendiri. 

Hingga kini pun pencipta tarian belum banyak berhasil di pengadilan sengketa. Pada bulan April, seorang hakim memutuskan bahwa pencipta tarian "Phone It In" menolak sebagian besar klaimnya dikarenakan avatar Epic Games sudah cukup "diubah" sehingga avatar tersebut tidak terlihat seperti dia.***

Editor: Setiawan R.

Sumber: The Verge

Editor: Setiawan R

Sumber: The Verge


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x