Ini Alasan Apple Tolak Aplikasi Game Microsoft, Google dan Facebook Masuk App Store

- 12 Agustus 2020, 07:02 WIB
Apple tolak aplikasi game dari Microsoft, Google dan Facebook ke App Store (Joe Keller/iMore)
Apple tolak aplikasi game dari Microsoft, Google dan Facebook ke App Store (Joe Keller/iMore) /Joe Keller/iMore



JAKSELNEWS.COM
- Apple menolak aplikasi-aplikasi game terbitan tiga perusahan teknologi raksasa yaitu Microsoft, Facebook dan Google di App Store. Microsoft's Game Pass, Google Stadia, dan aplikasi Facebook Gaming semuanya mengalami hambatan untuk dapat diterbitkan di toko aplikasi Apple tersebut.

Dilansir Jakselnews.com dari artikel Pikiran-Rakyat.com berjudul Ogah Ikuti Pedoman, Apple Tolak Izinkan Aplikasi Game Microsoft, Google dan Facebook ke App Store, alasan hambatan tersebut dikarenakan perusahaan-perusahaan tersebut tidak mengirimkan setiap game ke Apple untuk ditinjau.

"App Store dibuat untuk menjadi tempat yang aman dan terpercaya bagi pelanggan untuk menemukan dan mengunduh aplikasi, dan peluang bisnis yang besar bagi semua pengembang," ujar juru bicara Apple.

“Sebelum masuk ke toko kami, semua aplikasi ditinjau berdasarkan pedoman yang sama yang dimaksudkan untuk melindungi pelanggan dan memberikan tempat bermain yang adil dan setara bagi pengembang,” tambahnya.

Dalam pernyataannya Apple sendiri, ditulis bahwa pelanggan mereka menikmati aplikasi dan game dari jutaan pengembang dan tentu dapat diluncurkan selama mengikuti pedoman yang berlaku. 

Akan tetapi Apple mengizinkan Netflix dan Spotify tanpa ditinjau terlebih dahulu dan kemudian menjelaskan berdasarkan perbedaan yang berdasarkan pada tingkat kegunaan. Menurut Apple, game tidak seperti musik dan film dan memang ada ekspektasi konsumen yang dimasukkan ke dalam App Storenya.

"Setelah berbulan-bulan diajukan dan ditolak berulang kali oleh Apple, kami harus menghapus game instan seluruhnya dari aplikasi mandiri," sebut Facebook Gaming lewat akun Twitternya.

"Kami dapat menghabiskan 6 bulan untuk mendapatkan ulasan Apple, tetapi banyak yang lainnya tidak bisa. Dan meskipun kami dapat mencoba pengajuan banding tambahan, kami tidak ingin menahan diri untuk meluncurkan versi untuk streaming langsung dan penggemar," sambung mereka.

Seperti Facebook, Google Stadia dan Microsoft juga mengumumkan pernyataan bahwa layanan mereka tidak bisa diluncurkan di App Store. Tidak jelas bagaimana hal ini akan mempengaruhi hubungan ketiga perusahaan tersebut dengan Apple.***

Editor: Setiawan R

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkini

x