Bermain Video Game Bisa Meningkatkan Kreativitas Anak, Benarkah?

- 14 Agustus 2020, 16:52 WIB
Ilustrasi orang bermain game
Ilustrasi orang bermain game /Element Envato versi Pro

JAKSELNEWS.COM - Bermain game kadang dianggap sebagai kegiatan yang negatif. Padahal, menurut pendapat para ahli mereka yang hobi dengan bermain game mempunyai kecerdasan yang tinggi.

Dilansir dari Sky News, seperti yang diberitakan portalsurabaya.Pikiran-rakyat.con berjudul studi:game bantu tingkatkan kemampuan membaca dan kreativitas anak-anak Sebuah penelitian di Inggris melakukan survei terhadap 4.626 anak muda dengan usia 11 hingga 16 tahun di Inggris yang bermain game.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain game dapat meningkatkan kemampuan membaca anak-anak.

Studi dari National Literacy Trust menemukan bahwa permainan tersebut menawarkan cara membaca dan mendorong kreativitas melalui menulis.

Hampir 73 persen pembaca enggan mengatakan bermain video game membantu mereka seperti bagian dari cerita. Sementara 65 persen mengatakan video game membantu membayangkan menjadi orang lain, menunjukkan potensi untuk berempati.

Orang tua mengatakan 56 persen anaknya mengobrol dengan keluarga dan teman sebagai bagian dari bermain game selama lockdown, dan 60 persen merasa komunikasi ini telah membantu kesejahteraan mental anak.

"Penelitian ini benar-benar menunjukkan bahwa mekanisme yang sudah dinikmati oleh kaum mudah adalah cara terbaik untuk membawa kedalam pola membaca dan menulis yang lebih luas", ujar Jonathan Douglas selaku Kepala eksekutif National Literacy Trust.

"Sangat menarik untuk mengungkapkan peluang yang dapat diberikan oleh permainan video game kepada kaum muda untuk terlibat dalam membaca, merangsang kreativitas melalui menulis, meningkatkan komunikasi dengan teman dan keluarga, serta mendukung empati maupun kesejahteraan," lanjut Douglas.

Penelitian ini dilakukan sebagai bagian dari kampanye baru National Literacy Trust, Assosiasi Hiburan Interaktif Inggris (UKIE) dan penguin Random House Children's untuk mengeksplorasi hubungan antara video game dan keterlibatan literasi di antara anak-anak sekolah.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Portal Surabaya


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x