5 Jenis Diet Sehat yang Wajib Anda Ketahui

- 26 November 2020, 01:07 WIB
Ilustrasi makanan diet
Ilustrasi makanan diet /Shafira FS/Pexels

 

JAKSELNEWS.COM – Memiliki bentuk dan berat tubuh yang ideal tentu merupakan idaman bagi banyak pria maupun wanita. Sebab, selain untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan fit, diet juga berfungsi untuk mengembalikan berat tubuh menjadi lebih ideal, serta meminimalisir terkena penyakit seperti obesitas dan sakit jantung.

Berikut ini ada 5 jenis diet yang wajib untuk anda ketahui :

1.  Diet keto

Salah satu jenis diet sehat yaitu adalah diet keto. Diet keto sendiri merupakan sebuah diet yang berfokus untuk membantu para penderita diabetes agar kandungan gula darah mereka bisa dikontrol dengan baik, sebelumnya  diet keto hanya ditujukan untuk anak – anak pengidap epilepsi dengan tujuan untuk mengurangi frekuensi kejangnya. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, diet keto mulai diikuti oleh banyak orang meski mereka bukanlah seorang penderita diabetes dan epilepsi. Pada umumnya orang – orang memilih melakukan diet keto memiliki tujuan untuk ini bisa menurunkan berat badannya.

Metode diet yang diunggulkan dalam program diet keto ini yaitu mengurangi asupan makanan yang mengandung karbohidrat, serta lebih banyak mengkonsumsi makanan berlemak. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengganti zat karbohidrat yang notabene merupakan bahan bakar tubuh dan energi untuk beraktivitas sehari – hari dengan lemak. Sehingga sebanyak 75 persen kalori lebih banyak didapatkan dari lemak, dan sebanyak 20 persen berasal dari protein, sedangkan 5 persennya berasal dari karbohidrat.

 

2.      Diet vegetarian

Diet vegetarian adalah program diet yang mana mengunggulkan makanan nabati tanpa harus mengonsumsi makanan berlemak seperti daging dan semua hal yang berasal dari hewan. Selain dapat membantu menurunkan berat badan, diet vegetarian juga baik untuk meningkatkan kesehatan kulit dan badan sebab mengandung banyak vitamin dan mineral. Akan tetapi jika terlalu lama dilakukan, tubuh bisa kekurangan zat protein. Maka selama diet vegetarian akan lebih baik untuk diimbangi dengan mengonsumsi susu dan sedikit daging agar tubuh tidak kekurangan protein dan kolin.

 

3.      Diet dukan

Dan jenis diet sehat selanjutnya adalah diet dukan. Diet dukan merupakan salah satu jenis diet yang memiliki 4 tahap dalam prosesnya. Pada tahap pertama, anda akan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi dan berbahan gandum seperti oat atau roti gandum. Lalu, pada tahap kedua anda akan dipaksa untuk mengonsumsi makanan berprotein dengan sayuran dan melakukan olahraga jalan kaki secara cepat selama 30 menit setiap harinya. Hal ini bisa dilakukan selama 2 bulan lamanya jika anda ingin menurunkan berat badan sebanyak 10 kg.

 

4.      Diet paleo

Adalah salah satu jenis diet yang berfokus hanya mengonsumsi makanan daging, ikan, sayur, buah, hingga umbi – umbian. Sedangkan makanan yang dihindari selama menjalankan program diet paleo ini adalah makanan yang mengandung susu, gula, garam, biji – bijian, kacang, kentang serta makanan yang mengandung bahan pengawet. Manfaat dari diet paleo ini selain bisa meningkatkan kesehatan tubuh, diet paleo juga bisa mengurangi kandungan glikemik sehingga kadarnya menjadi lebih rendah, sangat cocok bagi para penderita diabetes. Di sisi lain, diet paleo juga berfungsi untuk meningkatkan ketajaman daya ingat serta mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x