Berikut Ini 5 dari Manfaat Memelihara Ikan Cupang di Rumah

- 30 November 2020, 23:17 WIB
ilustrasi ikan cupang
ilustrasi ikan cupang /shafira fs/pixabay

JAKSELNEWS.COM – Ikan Cupang mungkin sudah menjadi salah satu jenis hewan peliharaan yang cukup banyak diminati oleh banyak orang. Selain memiliki bentuk yang mungil dan warna kulit yang estetik, Ikan Cupang juga dijual dengan berbagai macam harga. Dari yang mahal hingga murah, Ikan Cupang akan selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi para penggemar ikan dan hewan peliharaan.

Berikut ini ada 5 manfaat jika anda berminat untuk memelihara ikan cupang di rumah anda:

1.  Menghilangkan jentik nyamuk

Tahukah anda, jika memelihara Ikan Cupang sama saja dengan mengurangi populasi jentik nyamuk yang ada di bak kamar mandi? Hal ini dikarenakan Ikan Cupang mampu memangsa jentik – jentik nyamuk sebanyak 89 ekor hanya dalam waktu 6 jam saja. maka jika anda berniat untuk mengurangi jentik nyamuk dan terhindar dari penyakit Demam Berdarah yang disebabkan oleh nyamuk berjenis aedes aegypti, anda hanya cukup rajin memelihara banyak ikan cupang ke kolam air yang terbuka dan lembab seperti bak kamar mandi.

 

2.      Mengontrol tekanan darah

Selain bisa membasmi populasi jentik nyamuk, memelihara Ikan Cupang juga bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh anda. Sebab, jika anda memelihara dan merawat Ikan Cupang, maka nantinya dapat mengontrol tekanan darah yang ada di tubuh anda. Melihat pemandangan akuarium yang dipenuhi dengan tampilan Ikan Cupang yang indah dan warna – warni, bisa memberikan efek menenangkan bagi pikiran, serta mencegah rasa stress. Berkurangnya rasa stress inilah yang dapat mempengaruhi tekanan darah menjadi lebih normal dan lebih baik.

 

3.      Memperindah rumah

Salah satu manfaat dari memelihara Ikan Cupang lainnya, yaitu dapat memperindah suasana rumah. Akuarium yang dipenuhi oleh visual cantik dari Ikan Cupang ternyata bisa mempengaruhi kondisi udara dan energi yang ada di dalam rumah. selain menyejukkan, hal ini juga bisa memperindah pemandangan dalam rumah, sehingga penghuni di dalam rumah dapat memiliki kadar hormon dopamin yang lebih tinggi di dalam tubuhnya, serta menciptakan suasana rumah menjadi lebih yang menyenangkan.

 

4.      Mengurangi stress

Meningkatnya kadar hormon dopamin ternyata juga berefek pada pengurangan rasa stress. Selain bisa mengurangi rasa stress, hal ini juga bisa mengurangi rasa cemas. Sehingga anda akan merasa lebih tenang saat sedang memandangi akuarium yang penuh dengan warna – warni Ikan Cupang. Di sisi lain, sangat direkomendasikan untuk mengerjakan berbagai tugas di hadapan akuarium, karena bisa meningkatkan produktivitas kerja serta rendah akan distraksi.

 

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x