Penting! Ini 5 Tanda Kamu Perlu Istirahat dari Sosial Media

- 20 Januari 2021, 20:43 WIB
Contoh aplikasi sosial media
Contoh aplikasi sosial media /unsplash/dole777

JAKSELNEWS.COM - Teknologi yang semakin canggih kini sangat membantu di keadaan pandemi ini. Kegiatan komunikasi dalam hal pekerjaan, sekolah maupun ke keluarga dimudahkan dengan perkembangan teknologi.

Sosial media sebagai salah satu bentuk kecanggihan teknologi juga memiliki peminat yang tak sedikit. Dari keinginan hanya untuk mengisi waktu luang hingga berjam-jam dihabiskan masyarakat di sosial media. Hal tersebut bisa saja membawa dampak ‘kecanduan’ bagi masyarakat.

Berikut ini beberapa tanda yang bisa dijadikan acuan untuk istirahat dari sosial media!

Baca Juga: 5 Cara Mudah Merawat Bibir Agar Sehat dan Lembab

1. Doomscrolling

Apa itu doomscrolling? doomscrolling bisa diartikan sebuah kebiasaan 'scroll' atau menelusuri berita di sosial media secara terus-menerus meskipun berita tersebut menyedihkan, mengecewakan. 

Doomscrolling dirasakan karena perasaan ingin selalu tahu tentang berita hangat yang terjadi di dunia. Biasanya, kegiatan doomscrolling ini dilakukan tanpa disadari sampai memakan banyak waktu bahkan bisa saja tetap dalam posisi duduk di depan komputer ataupun smartphone.

2. Tak lagi menyenangkan

Sosial media seharusnya menjadi wadah hiburan sekaligus untuk melakukan komunikasi santai dengan teman dan keluarga. Kalau sosial media, seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lainnya bukan lagi sumber kesenangan dan menjadi koneksi hubungan antar kerabat, tandanya kamu butuh istirahat dari sosial media.

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Insider


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x