Gemar Berbelanja? Berikut 5 Tips Hemat Belanja Online

- 25 Januari 2021, 14:59 WIB
Tangkapan layar Instagram @shopeepay_id tentang program promo Shopeepay Mantul Sale (SMS) Gratis Ongkir Rp0 dan Deals Rp1.*
Tangkapan layar Instagram @shopeepay_id tentang program promo Shopeepay Mantul Sale (SMS) Gratis Ongkir Rp0 dan Deals Rp1.* /DialektikaKuningan.com/Shopee

JAKSELNEWS.COM - Salah satu aktivitas yang kerap menjadi ajang refreshing bagi masyarakat adalah berbelanja. Apalagi dengan tersedianya platform online dan pembayaran digital yang semakin memudahkan seseorang untuk memenuhi berbagai kebutuhan, dari kebutuhan dasar hingga berbagai kebutuhan gaya hidup lainnya.

Tinggal memasukkan kata kunci produk yang dicari, memilih satu dari banyaknya pilihan, dan langsung membayar secara online. Cepat, mudah, dan memuaskan! Berikut beberapa tips belanja online yang hemat demi mewujudkan resolusi perencanaan keuangan yang baik di tahun ini:

1. Tentukan Jatah Belanja 

Penentuan budget sangatlah penting supaya kamu tidak belanja secara impulsif. Jangan sampai THR akhir tahun habis dalam sekejap karena kalap belanja online. Jika budget-mu terbatas, catat terlebih dahulu produk mana yang benar-benar dibutuhkan dan tinggalkan dulu produk yang belum dibutuhkan.

Kamu dapat menggunakan rasio 50-30-20 seperti yang direkomendasikan oleh Jonathan End, seorang growth consultant yang fokus pada pengembangan diri, karir dan keuangan. Alokasikan 50% dari pemasukanmu untuk keperluan sehari-hari yang tidak bisa dikesampingkan, 30% untuk dana darurat, sedangkan 20% dapat digunakan untuk gaya hidup, seperti berbelanja. Menurut Jonathan, ini merupakan cara yang sederhana untuk mengatur keuanganmu.

2. Bandingkan Harga Produk & Cara Pembayaran

Saat belanja online apalagi menggunakan e-commerce, kamu harus pintar mencari cheaper alternatives dengan menggunakan fitur filter seperti filter harga untuk mengurutkan harga terendah hingga tertinggi ataupun metode pembayaran.

Metode pembayaran juga bisa berpengaruh terhadap jumlah transaksi kamu, seperti penambahan biaya admin dan biaya lainnya. ShopeePay biasanya memberikan banyak keuntungan yang membuat belanja semakin murah dan memuaskan. 

3. Belanja Saat Momen Promo Sale 

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x