Kanker Payudara Urutan Pertama Kasus Kanker di Indonesia, Rita Rogayah: Upayakan Deteksi Dini

- 20 Februari 2021, 12:32 WIB
DIREKTUR Utama RSUP Persahabatan dr. Rita Rogayah.
DIREKTUR Utama RSUP Persahabatan dr. Rita Rogayah. /ANTARA/

JAKSELNEWS.COM – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengungkapkan bahwa kanker payudara berada di urutan pertama sebagai penyebab kematian terbanyak akibat penyakit kanker di Indonesia.

“Insiden kanker di Indonesia ini ada lima yang terbanyak, yang pertama yaitu kanker payudara 16,7 persen,” kata Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kemenkes Rita Rogayah dalam Dialog CSIC tentang Akses Penangan kanker Payudara HER2 positif secara virtual, Jakarta, Jumat, 19 Februari 2021. Sebagaimana diberitakan kembali oleh Jakselnews dari laman Antaranews.

Selain kanker payudara, urutan penyebab kematian akibat kanker di Indonesia juga diungkap yakni, di urutan kedua ada kanker serviks sebanyak 9,3 persen.

Baca Juga: Bams Eks Samson Divonis terkena Kanker akibat Olahraga Berlebihan

Urutan ketiga, ada kanker paru 8,6 persen, keempat ada kanker kolorektal atau usus besar 8,6 persen, dan kelima ada kanker hati sebanyak 5,3 persen.

Jika ditinjau dari tingkat keganasan, kanker payudara merupakan jenis kanker paling ganas yang paling banyak dialami masyarakat Indonesia, khususnya perempuan.

Tingkat keganasan payudara sebesar 11,65 persen per 100 ribu penduduk di tanah air, disusul kanker serviks, kanker rahim, kanker tiroid dan beberapa jenis kanker lainnya.

kanBaca Juga: Cerita Lengkap Perjuangan Feby Febiola Lawan Kanker Ovarium hingga Sembuh

Sementara itu, jika dilihat dari data tentang penyakit-penyakit katastropik, yaitu penyakit non infeksi, jumlah kasus penyakit kanker payudara di Indonesia tercatat terus meningkat dari tahun ke tahun.

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x