Kelingking bisa Bengkok! Ini 7 Cedera Pengguna Smartphone dan Cara Menghindarinya

- 25 Februari 2021, 11:56 WIB
Waspada cedera akibat penggunaan smartphone. (Pixabay)
Waspada cedera akibat penggunaan smartphone. (Pixabay) /Pixabay

JAKSELNEWS.COM – Saat ini sebagian besar individu membutuhkan smartphone dalam kesehariannya. Smartphone terasa sangat nyaman karena banyak kemudahan yang diberikan. Namun, hal itu bisa menimbulkan masalah kecanduan.

Dikutip Jakselnews dari laman Bright Side yang ingin menjaga pengguna smartphone agar tidak melukai diri sendiri saat menggunakannya. Berikut ini, cedera yang sering terjadi dan cara menghindarinya.

1. Postur tubuh membungkuk

Cedera ini disebut iPosture. iPosture adalah istilah untuk posisi yang dilakukan saat menggunakan smartphone serta laptop. Tanpa disadari, tubuh akan membungkuk dan leher ditekuk ke depan. Hal ini menyebabkan sakit leher dan kelemahan otot.

Cara mencegahnya yaitu pastikan smartphone sejajar dengan mata.

Baca Juga: Sony Perluas Pasar dengan Hadirkan Game Play Station ke PC

2. Kelingking terlihat agak bengkok

Jika anda perhatikan, jari kelingking dari tangan yang sering memegang ponsel akan terlihat agak bengkok. Cedera ini dikenal sebagai ‘smartphone pinky injury’. Meskipun kondisi ini tergolong sementara dan wajar, ada aspek negatif lainnya jika memegang ponsel dalam satu posisi, yaitu tegang pada lengan dan jari, bahkan kerusakan saraf.

Pencegahannya yakni melatih tangan anda setiap hari seperti kepalkan tangan dan regangkan jari-jari anda.

3. Siku yang kaku

Gejala cedera ini berupa rasa kesemutan dan mati rasa pada jari telunjuk, tengah, dan ibu jari jika siku anda tertekuk melebihi 90 derajat. Cara menghindarinya dengan sering ubah posisi dan renggangkan tangan dan lengan.

Baca Juga: Hati-Hati Buka Situs Prakerja! Bisa Jadi Itu Phising

Halaman:

Editor: Setiawan R

Sumber: Bright Side


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x