Ikuti 5 Tips Berikut Agar Anak Lebih Mudah Menguasai Bahasa Asing

- 24 Maret 2021, 16:20 WIB
ILUSTRASI// Tips agar anak lebih mudah menguasai bahasa asing
ILUSTRASI// Tips agar anak lebih mudah menguasai bahasa asing /- Foto : Freepik/

JAKSELNEWS.COM – Bilingual atau kemampuan berkomunikasi dalam dua bahasa atau lebih hampir menjadi hal yang normal bagi anak-anak masa kini. Mempelajari lebih dari satu bahasa merupakan sebuah aset bagi individu, keluarga, dan seluruh komunitas.

Anak-anak bilingual dapat mempelajari sesuatu lebih baik dan lebih cepat dibanding orang lain. Mereka dapat lebih menfokuskan perhatian pada informasi yang relevan dan mengabaikan gangguan di sekitar mereka.

Selain itu, anak-anak yang dapat berkomunikasi menggunakan lebih dari satu bahasa juga dapat menggunakan pendekatan yang lebih fleksibel dalam memecahkan masalah. Dapat berkomunikasi dengan lebih dari satu bahasa juga mendukung anak dapat beradaptasi dan mempertahankan ikatan yang kuat dengan keluarga, budaya, dan komunitas mereka.

Baca Juga: Joe Biden Melarang Kepemilikan Senjata Assault Setelah Penembakan di Colorado

Ada baiknya, anak mulai terbiasa mempelajari bahasa lain sejak sebelum berusia 6 tahun. Simak lima tips berikut agar anak lebih mudah menguasai bahasa lain.  

1. Berurutan atau Bersamaan?

Anak dapat mempelajari suatu bahasa dengan dua cara. Pertama, anak belajar dua bahasa secara bersamaan atau kedua, belajar bahasa kedua setelah menguasai bahasa utama. Hal ini tentunya penting untuk ditentukan terlebih dahulu agar Anda dapat mengetahui strategi yang dibutuhkan agar anak dapat menguasai lebih dari satu bahasa.

2. Penggunaan Bahasa dalam Keseharian

Anak belajar berkomunikasi dari interaksi dengan orang-orang di sekitar mereka. Mendengar orangtua berbicara di rumah merupakan cara anak untuk menguasai bahasa tertentu.

Baca Juga: Canggih! Teknologi Baru, Bayar Tol Tanpa Buka Kaca Jendela Mobil

Oleh karena itu, anak butuh untuk banyak mendengar agar memahami lebih banyak kata, tata bahasa, dan pengucapan. Anda dapat berdiskusi tentang penggunaan bahasa pada hari atau jam tertentu, misalnya menentukan hari Jumat sebagai “English Day” dimana setiap orang akan berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x