Simak Fakta Kelahiran Prematur dan Kondisi Bayi Prematur Sesuai dengan Usia Kehamilan

- 7 April 2021, 20:23 WIB
ILUSTRASI// Bayi prematur. /Pixabay/SeppH /Pixabay

JAKSELNEWS.COM - Tidak ada penyebab pasti pada kasus kelahiran prematur. Kelahiran prematur biasanya terjadi karena dinding leher rahim lemah atau adanya pengalaman kelahiran prematur sebelumnya.

Selama masa kehamilan, Anda perlu rutin berkonsultasi pada dokter untuk segera mengetahui faktor risiko dari kelahiran prematur yang mungkin terjadi pada Anda. Beberapa faktor risiko tersebut seperti infeksi, diabetes, hipertensi, percobaan aborsi, hingga cidera fisik atau trauma.

Kelahiran prematur terjadi saat masa kehamilan belum mencapai usia 37 minggu. Namun, kelahiran prematur yang paling berisiko mengalami komplikasi yaitu prematur mikro yaitu bayi yang lahir sebelum minggu ke-26. 

Baca Juga: Melahirkan Anak Pertama, Audi Marissa Sedih Karena Ini

Beberapa gejala dari kelahiran prematur yang mungkin terjadi misalnya tekanan pada panggul atau perut bagian bawah, rasa sakit yang konstan pada punggung bagian bawah, serta pecah ketuban. Saat kelahiran prematur, bayi berisiko mengalami berbagai masalah pernapasan, jantung, otak, kendali suhu, sistem metabolisme, sistem imun, serta sistem pencernaan.

Bayi yang lahir prematur pada usia kehamilan 24 minggu memiliki peluang bertahan hidup sebesar 68 persen. Namun, 40 persen dari mereka mungkin mengalami berbagai masalah kesehatan. 

Paru-paru bayi masih baru berkembang saat usia kehamilan 24 minggu sehingga bayi prematur yang lahir pada usia 24 minggu mungkin mengalami kesulitan untuk bernapas. Mereka juga mungkin bermasalah dalam penglihatan karena mata mereka belum sepenuhnya berkembang. 

Baca Juga: Proyek Pertama Pangeran Harry Dan Meghan Markle Di Netflix Bertajuk 'Heart of Invictus'

Bayi prematur yang lahir pada usia 26 minggu memiliki peluang bertahan hidup sebesar 89 persen. Namun, 20 persen dari mereka mungkin mengalami masalah penglihatan dan pendengaran. 

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X