Menyegarkan dan Bermanfaat bagi Kesehatan, Intip Olahan Lidah Buaya untuk Berbuka Puasa

- 13 April 2021, 21:00 WIB
ILUSTRASI// Tanaman lidah buaya yang miliki manfaat dan dapat diolah menjadi menu menyegarkan
ILUSTRASI// Tanaman lidah buaya yang miliki manfaat dan dapat diolah menjadi menu menyegarkan /Pixabay

JAKSELNEWS.COM - Lidah buaya seringkali digunakan untuk merawat rambut maupun kulit. Namun, lidah buaya ternyata juga dapat dikonsumsi dengan mengolah gel berwarna bening yang biasanya memiliki rasa dan sensasi yang menyegarkan. 

Selama berpuasa, olahan lidah buaya dapat menjadi pilihan yang menyegarkan saat sahur maupun berbuka. Berpuasa selama lebih dari 13 jam mungkin menimbulkan bau mulut yang kurang sedap. 

Nah, olahan minuman dari lidah buaya ternyata dapat menjadi salah satu solusinya. Kandungan vitamin C pada lidah buaya dapat melarutkan plak penyebab bau mulut, mencegah gusi bengkak dan gusi berdarah loh. 

Baca Juga: Ashanty Ungkap Alasan Presiden Jokowi Menjadi Saksi Pernikahan Atta dan Aurel

Dengan kandungan air yang cukup tinggi, olahan lidah buaya juga dapat menjadi dessert saat berbuka puasa agar Anda dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa. Yang lebih menarik, lidah buaya juga dapat membantu detoksifikasi yang merupakan fungsi dari hati. 

Mengkonsumsi olahan lidah buaya juga dapat membantu Anda memiliki kulit yang lebih terhidrasi sehingga terhindar dari jerawat serta mengatasi konstipasi. Lidah buaya juga merupakan sumber vitamin B-12 dan mengandung sejumlah mineral seperti kalsium, magnesium, zinc, dan potasium. Berikut tiga olahan dari lidah buaya yang dapat Anda coba saat berbuka puasa.

Jus Lidah Buaya

Anda cukup memotong kecil-kecil lidah buaya yang telah dikupas, lalu campurkan dengan jahe yang juga telah dikupas dan diiris tipis. Blender 50 gram lidah buaya, 1 senti jahe, dan 200 mL air hingga halus. Tambahkan perasan 1/2 buah jeruk nipis dan es batu sesuai selera Anda. 

Baca Juga: Sidang Isbat Segera Digelar, Yuk Ketahui Alur Penentuannya

Es Buah Lidah Buaya

Anda juga dapat mencampurkan lidah buaya dengan buah-buahan lainnya, misalnya dengan buah naga atau longan yang umumnya menjadi bahan utama es buah. Tambahkan perasaan jeruk nipis secukupnya untuk menambahkan rasa segar dalam minuman es buah lidah buaya Anda.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x