Sering Tidak Disadari, 3 Kebiasaan Kecil Jaman Sekarang yang Punya Dampak Buruk

- 17 April 2021, 09:36 WIB
Kebiasaan kecil masa sekarang yang ternyata punya dampak buruk
Kebiasaan kecil masa sekarang yang ternyata punya dampak buruk /Tim Douglas/Pexels/Lensa Banyumas

JAKSELNEWS.COM - Tanpa disadari, beberapa kebiasaan kecil yang terlihat biasa jaman sekarang ternyata memiliki dampak besar bagi kehidupan. Simak 3 kebiasaan jaman sekarang yang ternyata punya dampak buruk bagi kehidupan. 

Belanja Online Berlebihan

Kebiasaan belanja yang tidak terduga dan tanpa direncanakan biasa disebut impulsive buying. Sedangkan jika Anda cenderung berbelanja untuk menghilangkan atau menghindari kecemasan atau stres, kebiasaan ini disebut compulsive buying

Namun, baik compulsive maupun impulsive buying sama-sama berdampak besar, terutama bagi kondisi keuangan Anda. Tanpa sadar, Anda membelanjakan sebagian besar uang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak dibutuhkan. 

Anda mungkin kehilangan kendali atas diri, perasaan, dan keuangan Anda. Setelah berbelanja, Anda juga mungkin merasa bersalah. 

Baca Juga: Lebih Dari 55 Ribu Kasus Baru Covid-19 Minggu Lalu, Michigan Tidak Perbarui Larangan dan Pembatasan Kegiatan

 

Akses Media Sosial

Kebiasaan scrolling media sosial mungkin terlihat sebagai kebiasaan kecil yang normal di masa sekarang. Namun, ternyata kebiasaan menjelajahi dan terlibat dalam dunia maya ini dapat menimbulkan berbagai dampak buruk jangka panjang.

Semakin sering berada di dunia maya mungkin membuat sebagian orang percaya jika kehidupan yang ditampilkan di media sosial merupakan realita yang sesungguhnya. Selain itu, seringnya akses media sosial membuat Anda merasa terikat dengan dunia maya hingga lupa berinteraksi dengan orang terdekat di sekitar Anda. 

Setiap orang mungkin mengirimkan komentar negatif, kritik, dan pendapat buruk sambil bersembunyi di balik identitas dan kehidupan palsu di media sosial. Rasa cemas dan insecure mungkin sering Anda alami jika tidak membatasi akses media sosial. 

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x