Persuasi, Pengertian, Tujuan, Ciri-ciri dan Jenisnya

- 6 Oktober 2021, 11:20 WIB
Ilustrasi MenulisSegera Daftar Total Hadiah 50 Juta Rupiah! Lomba Penulisan Artikel Tingkat Nasional, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia
Ilustrasi MenulisSegera Daftar Total Hadiah 50 Juta Rupiah! Lomba Penulisan Artikel Tingkat Nasional, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia /Pixabay

JAKSELNEWS.COM - Persuasif adalah sebuah teks yang bersifat membujuk. Jadi, dalam teks persuasif berisi tulisan yang bertujuan meyakinkan pembaca agar tertarik dan mengambil tindakan tertentu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks adalah naskah yang berupa kata-kata asli dari pengarang.

Teks juga berarti bahan tertulis untuk dasar memberikan pelajaran, berpidato, dan sebagainya.

Menulis teks persuasi seperti menjadi pengacara yang memperdebatkan kasus di hadapan juri.

Penulis mengambil sikap atas suatu masalah, baik memihak ataupun bertentangan dan membangun argumen sekuat mungkin untuk memenangkan pembaca.

Teks persuasi membutuhkan penelitian yang baik, kesadaran akan bias pembaca, dan pemahaman yang kuat dari kedua sisi masalah.

Lebih jauh, karangan persuasi yang baik menunjukkan tidak hanya mengapa pendapat penulis itu benar, tetapi juga mengapa pandangan yang berlawanan salah.

Persuasi berkaitan dengan perkara memengaruhi orang lain melalui bahasa. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dijelaskan perbedaan kata persuasi (kata benda) dan persuasif (kata sifat).

Baca Juga: Asimilasi, Syarat dan Faktor yang Menghambat

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X