Distribusi, Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Pelaku Distribusi

- 6 Oktober 2021, 11:42 WIB
Jalur distribusi atau saluran pemasaran dalam berbisnis dan membuka usaha
Jalur distribusi atau saluran pemasaran dalam berbisnis dan membuka usaha /Pexels.com/fauxels

JAKSELNEWS.COM - Semua orang yang bergelut dalam dunia bisnis harus memahami pengertian distribusi. Karena distribusi merupakan salah satu kegiatan penting dalam konsep marketing. Tanpa adanya distribusi, proses pemasaran tidak akan berjalan. 

Pada dasarnya distribusi selalu lekat dengan kegiatan perdagangan. Distribusi menjadi peranan penting, karena proses distribusi ini berfokus agar barang produksi bisa sampai ke tangan konsumen dalam kondisi baik, aman, dan juga tepat. 

Dalam proses marketing, distribusi tidak boleh dilewatkan begitu saja. Apapun jenis industrinya, distribusi mempunyai peran yang sangat penting. Karena bagian paling awal dalam proses pemasaran produk adalah distribusi. Penjelasan distribusi tentu sangat penting untuk dipahami setiap orang. Hal ini karena distribusi merupakan penghubung antara produksi dan konsumsi.

Baca Juga: Asimilasi, Syarat dan Faktor yang Menghambat

Pengertian distribusi

Distribusi adalah suatu kegiatan penyaluran hasil produksi berupa barang ataupun jasa dari produsen ke konsumen. Distribusi juga merupakan salah satu aspek dari pemasaran, yang dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang mempermudah produsen dalam penyampaian barang dan jasa ke konsumen. 

Bagi perusahaan, sistem distribusi yang baik dapat membuat perusahaan memiliki peluang lebih besar dalam menjual produknya. 

Tujuan distribusi 

Distribusi bertujuan untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain untuk memberikan jaminan bahwa keberlangsungan aktivitas produk berjalan dengan lancar, sampai akhirnya barang yang selesai di produksi dapat diterima oleh setiap konsumen yang membelinya. 

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X