Ini Dia Obat-Obatan Yang Tidak Dianjurkan Diminum Dengan Teh

- 10 Desember 2021, 13:27 WIB
ilustasi obat-obatan.
ilustasi obat-obatan. /Pexels.com/Pixabay

JAKSELNEWS.COM - Minum obat bagi kebanyakkan orang merupakan hal yang sangat ditakuti terutama pada anak kecil karena rasanya yang pahit dan dapat menempel pada lidah. Idealnya, setelah minum obat Anda harus minum air putih.

Namun, tidak sedikit yang menggunakan teh hangat agar lidah tidak terasa pahit. Bolehkah demikian ?

Mengutip dari laman Hallo Sehat, hal tersebut tidak dianjurkan. Sudah banyak dokter dan rumah sakit yang tidak memperbolehkan pasien minum obat pakai teh, apalagi teh hijau.

Di dalam pencernaan, senyawa kafein yang terkandung dalam teh dapat berikatan dengan zat kimia obat, menyebabkan obat menjadi sulit dicerna. Efek interaksi obat dengan kafein ini dapat menurunkan efektivitas kerja obat di dalam tubuh. 

Selain kafein, teh juga mengandung vitamin K. Jika Anda sedang mengkonsumsi obat pengencer darah, sebaiknya hindari minum teh karena teh dapat menghambat kinerja obat. 

Obat – obatan jantung yang berfungsi untuk mengatur tekanan darah, itu juga tidak boleh minum teh setelah mengkonsumsi obat tersebut. Karena dapat mengurangi efektivitas obat tersebut.

Sebuah penelitian dari National Institute of Health mengatakan bahwa terdapat minum obat amfetamin, kokain, atau efedrin dengan teh hijau dapat menyebabkan interaksi berbahaya bagi tubuh. 

Berikut obat-obatan yang tidak disarankan diminum dengan  teh :

1. Obat Penurun Tekanan Darah

Dikutip dari laman WebMD, minum teh hijau dapat mengurangi manfaat nadolol, salah satu obat penurun tekanan darah yang dikenal sebagai beta blocker. Penelitian ini melibatkan 10 peserta yang diberikan satu dosis 30 miligram nadolol, sebagian peserta meminumnya dengan air putih dan sebagian lainnya dengan teh hijau. 

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Hallo Sehat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini