Pengin Jalan-jalan, Cek Dulu Tingkat Kebersihan Lokasi Tujuan Wisata di InDOnesia CARE

- 11 Desember 2021, 12:00 WIB
Ilustrasi penerapan CHSE
Ilustrasi penerapan CHSE /Instagram @elroyalebandung/

JAKSELNEWS.COM -  Berwisata dengan aman dan tetap sehat menjadi prioritas pengunjung di masa pendemi Covid-19. Terkait erat dengan prokes di masa pandemi ini, kebersihan lokasi wisata sangat penting bagi pengunjung.

Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf telah menyedikan platform untuk mengecek kondisi kebersihan daerah tujuan wisata untuk membantu para calon wisatwan. Platform tersebut bernama InDOnesia CARE.

Bukan semata soal kebersihan, InDOnesia CARE, juga menjadi sebuah simbol dukungan yang mengedepankan usaha untuk mewujudkan kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan bersama di destinasi pariwisata Indonesia.

Baca Juga: Ini Deretan Festival yang Akan Digelar di MotoGP 2022 Mandalika, Ada Pertarungan Dua Lelaki Bersenjata Rotan

Dalam hal ini pemerintah memberikan sertifikasi CHSE program Kemenparekraf yang berupa penerapan protokol kesehatan yang berbasis pada Cleanliness, yaitu program Kemenparkraf untuk mewujudkan (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan).

Sertifikat diberikan kepada Usaha Pariwisata, Destinasi Pariwisata, dan Produk Pariwisata lainnya untuk memberikan jaminan kepada wisatawan terhadap pelaksanaan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan.

Anda tinggal memasuki situs Kemenparekaf dan mengklik InDOnesia CARE. Sejauh ini sudah ada 12 ribu lebih usaha pariwisata yang tersertifikasi. Sebelum berkunjung, Anda bisa menulis lokasi tujuan wisata Anda.

Baca Juga: Wisata Kota Tua Kembali Dibuka, Namun Hanya untuk Berolahraga

Selanjutnya akan ditampilkan daftar pelaku usaha pariwisata maupun destinasi wisata yang telah mendapat sertifikat CHSE. Dengan demikian Anda bisa memilih tempat menginap, tour and travel, tour guide, dan lain-lain yang berkomitmen meneggakan prokes, serta berkontribusi menjaga lingkungan.

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: Berbagai Sumber Kemenparekraf


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x