Sudah Desember, Saatnya Evaluasi Keuangan dan Mengingat-ingat Apakah Pernah Defisit

- 10 Desember 2021, 16:35 WIB
Foto Ilustrasi evaluasi keuangan.
Foto Ilustrasi evaluasi keuangan. /Shutterstock

Memasuki Bulan Desember, bukan cuma perusahaan dan bisnis yang harus mengevaluasi keuangan. Anda pun perlu mengevaluasi catatan pendapatan vs belanja keluarga maupun personal.

Evaluasi keuangan personal berguna untuk melihat apakah tujuan keuangan selama setahun tercapai, apakah keuangan mengalami defisit, atau sebaliknya surplus di luar dugaan.

Jika pada 2021 Anda punya rencana menanam modal untuk membuka usaha atau mengalokasikan untuk merovasi rumah karena ke depan akan lebih banyak work from home.

Baca Juga: Selain Mantan, yang Bekas-Bekas Bisa Dijual di 8 Platform Ini

Nah, Anda bisa melihat apakah rencana-rencana yang membutuhkan alokasi dana tersebut tercapai. Evaluasi keuangan juga akan membantu melihat mengapa pada bulan-bulan tertentu atau bahkan tiap bulan mengalami defisit.

Mungkin karena pandemi, penghasilan berkurang tapi Anda telanjur menyusun belanja dan menjalankannya seperti tahun-tahun sebelumnya.

Langkah pertama evaluasi keuangan tahunan adalah membuka catatan pendapatan dan belanja bulanan sejak Januari hingga Desember. Berdasarkan catatan tersebut Anda bisa membuat langkah sederhana, yaitu dengan simpulan pendapatan vs belanja tiap bulannya.

Baca Juga: Investasi Bodong Terjadi Lagi, Simak Tips Berikut Agar Aman Berinvestasi

Catat rencana yang membutuhkan alokasi keuangan apa saja yang gagal dicapai

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x