Ciri-ciri Doa Kita Dikabulkan Allah SWT

- 7 Januari 2022, 08:12 WIB
lustrasi, Seorang muslim sedang berdoa
lustrasi, Seorang muslim sedang berdoa / Wallpaperaccess/

JAKSELNEWS.COM - Ciri-ciri bagi umat muslim agar mewujudkan keinginannya di dunia maupun akhirat yakni dengan cara berdoa. Doa bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Setiap kali mau melakukan sesuatu yang positif, dianjurkan untuk berdoa, agar apa yang dilakukan tersebut diberkahi dan dikabulkan oleh Allah SWT.

Sebab, berdoa merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh umat Islam setelah melakukan sholat wajib. 

Hal ini merupakan salah satu bentuk ikhtiar dari seorang umat kepada Tuhan untuk memohon ampunan dan meminta keberkahan.

Allah SWT akan mengabulkan doa orang-orang yang bersungguh-sungguh dalam memohon. Dia tidak akan mengabulkan doa orang yang setengah hati dalam berdoa atau doa yang menurut-Nya bukan yang terbaik bagi kita.

Baca Juga: Sedang Mengalami Hidung Tersumbat? Begini Cara Mengatasinya

Allah memiliki ciri-ciri tersendiri dalam mengabulkan doa hamba-Nya, seperti dalam hadits Thabrani dikutip dari buku berjudul Mutiara Mukmin Milenium

oleh Ramadha Tsulatsi Hajar, M.Pd:

"Tiada seorang berdoa kepada Allah dengan suatu doa, kecuali dikabulkan oleh-Nya, dan dia memperoleh salah satu dari tiga hal, yaitu dipercepat terkabulnya baginya di dunia, disimpan (di tabung) untuknya sampai di akhirat, atau diganti dengan mencegahnya dari musibah serupa." (HR Thabrani).

Sufyan Ats-Tsauri meriwayatkan bahwa Allah SWT sangat mencintai orang-orang yang terus memohon dan meminta kepada-Nya sedangkan Allah SWT sangat murka terhadap orang yang tidak pernah berdoa sekalipun.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Berbagai Sumber


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x