Mengenal Apa Itu Transplantasi Rambut dan Bagaimana Prosedurnya

- 7 Januari 2022, 12:56 WIB
ilustrasi transplantasi Rambut.
ilustrasi transplantasi Rambut. /Freepik/

JAKSELNEWS.COM-Baru-baru ini transplantasi rambut menjadi perbincangan publik. Pasalnya penyanyi Anang Hermansyah tengah melakukan hal tersebut.

Anang diketahui memang mengalami masalah penipisan rambut belakangan ini. Selain itu, garis rambut di bagian depan kepala suami Ashanti ini mulai semakin mundur. 

Meski sudah mencoba berbagai cara merawat rambut, masalah kebotakan tak bisa dihindari. Maka itu, beberapa orang memilih tindakan transplantasi rambut.

Apa itu transplantasi rambut? 

Menurut hallo sehat, transplantasi rambut (juga disebut cangkok rambut dan tanam rambut) adalah prosedur yang dilakukan untuk mengembalikan rambut pada area kulit kepala yang mengalami penipisan hingga kebotakan.

Baca Juga: Ashanty Positif Covid-19 Varian Omicron Setelah Liburan dari Turki

Operasi rambut yang satu ini tersedia dalam berbagai jenis, yaitu operasi perluasan jaringan kulit kepala (flap surgery), operasi mengurangi kulit kepala, dan implan rambut.

Prosedur transplantasi rambut

Dilansir dari American Academy of Dermatology, transplantasi rambut umumnya berlangsung selama 4 – 8 jam. Semakin banyak jumlah rambut yang ditanam, semakin lama operasi ini akan berlangsung.

Kamu akan diberikan obat bius lokal yang membuat kulit kepala mati rasa selama prosedur tanam rambut terjadi. Beberapa pasien juga akan diberikan obat penenang dengan dosis rendah agar mereka rileks.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Hallo Sehat


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x