Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha, Latin dan Artinya

- 17 Januari 2022, 08:51 WIB
Ilustrasi orang berdoa di waktu mustajab dalam sholat.
Ilustrasi orang berdoa di waktu mustajab dalam sholat. /Pexels/ Michael burrows.

JAKSELNEWS.COM - Sholat dhuha merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan umat muslim, supaya amalan ini lengkap dan sempurna maka bacalah doa setelah sholat dhuha.

Ketentuan sholat dhuha yakni jumlah minimal rakaat dalam sholat dhuha adalah dua rakaat. Dalam sebuah hadits shahih, Rasulullah SAW berkata, Allah Ta'ala berfirman: 

“Wahai anak Adam, rukuklah (sholatlah) untuk-Ku pada awal siang dengan empat raka'at, maka Aku akan mencukupimu di akhir siang itu.” (HR. Ahmad, 5: 286; Abu Daud, no. 1289; At Tirmidzi, no. 475; Ad Darimi, no. 1451).

Adapun jumlah rakaat sholat dhuha adalah minimal dikerjakan 2 rakaat. Namun boleh juga dikerjakan 4 rakaat, 6 rakaat atau 8 rakaat.

Baca Juga: 90 Persen Transmisi Lokal Varian Omicron Terjadi di DKI Jakarta, Ini Strategi Kemenkes

Sholat sunah dhuha ini akan lebih baik jika dikerjakan secara munfarid atau sendiri. Hal ini didasarkan pada hadis nabi dari riwayat Bukhari. Hadis tersebut berbunyi sebagai berikut:

فَصَلُّوا أَيُّهَا النَّاسُ فِى بُيُوتِكُمْ ، فَإِنَّ أَفْضَلَ الصَّلاَةِ صَلاَةُ الْمَرْءِ فِى بَيْتِهِ إِلاَّ الْمَكْتُوبَةَ

Artinya: “ Hendaklah kalian manusia melaksanakan sholat (sunah) di rumah kalian karena sebaik-baik sholat adalah sholat seseorang di rumahnya kecuali sholat wajib.” (HR. Bukhari no. 731).

Dengan demikian Allah SWT telah memerintahkan umat Islam agar melaksanakan ketentuan sholat dhuha dan membaca doa setelah sholat dhuha.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x