Doa Sholat Tahajud dan Artinya, Beserta Waktu Paling Mustajab

- 17 Januari 2022, 10:59 WIB
Apa Saja Keutamaan Sholat Tahajud Menurut Al-Qur'an dan Al-Sunnah? Simak Penjelasannya. /Pexels/Michael Burrows
Apa Saja Keutamaan Sholat Tahajud Menurut Al-Qur'an dan Al-Sunnah? Simak Penjelasannya. /Pexels/Michael Burrows /

JAKSELNEWS.COM - Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dilakukan umat muslim untuk bermunajat kepada Allah SWT. Namun, doa sholat tahajud juga merupakan doa yang paling mustajab.

Sholat tahajud termasuk sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari. Maka diserukan kepada umat Muslim untuk bangun pada tengah malam dan melaksanakan sholat tahajud pada sepertiga malam akhir.

Waktu paling mustajab melakukan dan memanjatkan doa sholat tahajud pada sepertiga malam (sekitar pukul 01.00 dini hari) sampai hampir masuk waktu subuh. Jumlah rakaat dalam sholat tahajud ini minimal 2 rakaat dan paling banyak tidak ada batasan rakaat.

Setelah sholat tahajud ditutup dengan sholat witir 3 rakaat. Selanjutnya doa pada sholat tahajud dipercaya dapat diijabah oleh Allah SWT.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan, Yuk Simak

Begitu istimewanya menunaikan sholat tahajud, banyak tertuang dalam hadis dan kitab suci Al-quran, seperti firman Allah SWT berikut:

"Dan pada sebagian malam, lakukanlah sholat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji," (QS. al-Isra/17:79).

Adapun manfaat doa sholat tahajud yakni sebagai penghapus dan pencegah dosa, menjaga kesehatan rohani, doa akan dikabulkan Allah dan masih banyak lagi.

Doa Sholat Tahajud

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x