Wajib Tahu! 4 Bahaya Darah Rendah Beserta Gejalanya

- 26 Januari 2022, 11:33 WIB
Ilustrasi terkenan darah rendah. Pixabay /Peggy_Marco/
Ilustrasi terkenan darah rendah. Pixabay /Peggy_Marco/ /

JAKSELNEWS.COM - Tekanan darah pada tubuh seseorang sangat penting karena bertugas untuk memompa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Hipotensi atau darah rendah adalah sebuah kondisi ketika tekanan darah kurang dari 90/60 mmHg. 

Biasanya kondisi darah rendah umumnya menimbulkan gejala berupa pusing, mual dan muntah, tubuh terasa lemas, pandangan buram, dan sesak napas.

Pada saat tekanan darah rendah atau hipotensi biasanya itu merupakan kondisi ketika darah tidak sepenuhnya mengalir ke otak, arteri, dan organ tubuh. 

Masalah ini umumnya tidak menyebabkan gejala yang berbahaya, kecuali tekanan darah turun secara tiba-tiba. Hal tersebut akan menyebabkan otak kekurangan pasokan darah yang membuat pusing.

Baca Juga: Jerome Polin Minta Maaf ke Sean Gelael Atas Cuitan Mengenai Kiprah Pembalap Indonesia di Kancah Internasional

Melansir dari alodokter, jika tidak ditangani dengan benar, ada beberapa bahaya darah rendah yang dapat terjadi akibat komplikasi, di antaranya:

1.Stroke

Biasanya tekanan darah rendah berisiko tinggi menyebabkan stroke. Kondisi ini terjadi ketika kurangnya suplai aliran darah ke otak, sehingga sel otak dapat mengalami kerusakan dan menyebabkan fungsi otak terganggu.

Stroke umumnya dapat menimbulkan gejala atau tanda, seperti satu sisi anggota tubuh melemah, ucapan tidak jelas, satu sisi wajah tidak dapat digerakkan, hilangnya penglihatan secara tiba-tiba, penurunan kesadaran, dan sakit kepala yang hebat.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Alodokter


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x