5 Elemen Penting dalam Perjanjian FIR Indonesia dan Singapura

- 28 Januari 2022, 07:17 WIB
Ada 5 Elemen Penting dalam Perjanjian Pelayanan Ruang Udara, FIR Indonesia dan Singapura
Ada 5 Elemen Penting dalam Perjanjian Pelayanan Ruang Udara, FIR Indonesia dan Singapura /setkab

JAKSELNEWS.COM - Indonesia dan Singapura telah menyepakati dilakukannya penyesuaian pelayanan ruang udara atau Flight Information Region (FIR).

Pelayanan navigasi penerbangan pada ruang udara di atas wilayah Kepulauan Riau dan Natuna yang sebelumnya dilayani oleh Otoritas Navigasi Penerbangan Singapura, kini akan dilayani oleh Indonesia melalui Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Airnav Indonesia).

Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi menjelaskan, kesepakatan ini merupakan buah dari berbagai upaya selama bertahun-tahun oleh pemerintah untuk melakukan negosiasi penyesuaian FIR dengan Pemerintah Singapura.

Untuk mempercepat implementasi persetujuan ini, pemerintah secara intensif akan melakukan proses lanjut sesuai perundang-undangan yang berlaku serta ketentuan Organisasi Penerbangan Sipil internasional atau ICAO.

“Sebagai negara pihak UNCLOS 1982, Singapura juga mengakui penerapan prinsip negara kepulauan dalam penentuan batas wilayah negara dan yurisdiksi Indonesia di perairan serta ruang udara di kepulauan Riau dan Bintan,” kata Menhub.

Baca Juga: Rincian Harga Eceran Tertinggi, Kebutuhan Domestik, dan Kebijakan Terbaru tentang Minyak Goreng

Ada lima elemen penting dari kesepakatan tersebut.

Pertama, penyesuaian batas FIR Jakarta yang melingkupi seluruh wilayah teritorial Indonesia sehingga perairan sekitar Kepulauan Riau dan Natuna yang sebelumnya masuk dalam FIR Singapura menjadi bagian dari FIR Jakarta.

Kedua, Indonesia berhak dan bertanggung jawab atas Penyediaan Jasa Penerbangan (PJP) pada wilayah informasi penerbangan yang merupakan FIR Indonesia yang selaras dengan batas-batas laut teritorial.

Halaman:

Editor: Ririn Wulandari

Sumber: Kemenko Kemaritiman dan Investasi


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x