Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan Tubuh

- 15 Februari 2022, 08:56 WIB
Ilustrasi manggis dan kulit manggis
Ilustrasi manggis dan kulit manggis /PIXABAY/

JAKSELNEWS.COM - Manggis adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Semenanjung Malaya dan menyebar ke Kepulauan Nusantara. Tak hanya buahnya saja, ternyata kulit manggis memiliki banyak manfaat lho.

Bagian buah yang manggis yang terkenal manfaatnya adalah kulit manggis. Bahkan, kulit manggis juga dianggap sebagai salah satu makanan sehat jika diolah dengan cara direbus.

Melansir dari alodokter, sebuah penelitian menemukan bahwa kulit manggis memiliki kandungan antioksidan berupa xanthone yang memiliki efek antibakteri, antiinflamasi, dan antijamur. Hal inilah yang membuat kulit manggis diyakini baik untuk kesehatan.

Zat xanthone juga bisa menjadi bahan alami dalam mengatasi masalah kesehatan, seperti mencegah diabetes, mencegah kanker, dan melawan radikal bebas. Manfaat kulit manggis kering sangat dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya tersebut.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Merek Obat Batuk Anak Paling Bagus dan Ampuh

Berikut ini, manfaat kulit manggis untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui, diantaranya:

1.Menurunkan kadar kolesterol

Ekstrak kulit manggis memiliki kandungan serat yang diyakini baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mencegah penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah. Dengan demikian, risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke pun akan menurun.

2.Mencegah penuaan dini

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x