5 Cara Atasi Hidung Tersumbat Sebelah yang Bisa Dilakukan di Rumah

- 14 April 2022, 10:55 WIB
ilustrasi hidung tersumbat
ilustrasi hidung tersumbat /Polina Tankilevitch/Pixeles/

JAKSELNEWS.COM - Hidung tersumbat bisa dialami oleh siapapun, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Mengalami hidung tersumbat bisa terjadi pada kedua hidung maupun pada salah satu hidung.

Ketika mengalami hidung tersumbat sebelah dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, hingga terganggunya aktivitas sehari-hari.

Melansir dari Alodokter, hidung tersumbat sebelah sebelah bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti tidur miring, deviasi septum, polip hidung, atau ada benda asing yang masuk ke dalam hidung.

Biasanya jika kamu mengalami kondisi hidung tersumbat ringan, kamu bisa melakukan penanganan mandiri di rumah sebelum memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga: 5 Cara Menurunkan Demam Tinggi dengan Mudah, Apa Saja?

Cara mengatasi hidung tersumbat sebelah tidak selalu harus dengan obat-obatan. Ada beberapa penanganan ala rumahan yang mungkin cocok untuk mengatasi hidung tersumbat sebelah, yaitu:

1.Minum Banyak Air

Minum air dapat membantu mengencerkan dan mengeluarkan lendir di saluran hidung. Tidak hanya minum air putih, kamu juga bisa mengonsumsi teh hangat atau jus buah sebagai cara mengatasi hidung tersumbat sebelah.

2. Mandi Air Hangat

Mandi dengan air hangat juga dipercaya dapat mengatasi hidung tersumbat sebelah. Uap panas yang dikeluarkan oleh air hangat dipercaya dapat mengencerkan lendir di hidung, mengurangi peradangan, dan membantu melancarkan pernapasan walau untuk sementara waktu.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Alodokter


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x