4 Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Asma hingga Atasi Kebotakan

- 19 April 2022, 12:05 WIB
Temu ireng
Temu ireng /orami.co.id/

JAKSELNEWS.COM - Temu ireng adalah sejenis tumbuhanan yang rimpangnya dimanfaatkan sebagai campuran obat atau jamu. Temu ireng dikenal pula sebagai temu hitam, temu erang, atau temu lotong yang mempunyai nama latin curcuma aeruginosa.

Biasanya masyarakat memakai temu ireng sebagai bahan pengobatan tradisional. Manfaat temu ireng digunakan sebagai bahan ramuan obat alami. 

Melansir dari Alodokter, di dalam temu ireng terdapat beberapa nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, serta berbagai senyawa antioksidan, misalnya flavonoid, alkaloid, terpenoid, tanin, dan polifenol.

Tak hanya itu, tanaman ini juga diketahui memiliki efek antimikroba, antiradang, antiasma, bahkan antikanker. Oleh karena itu, temu ireng diduga bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Baca Juga: Inilah Beberapa Dokter THT di Jakarta Selatan yang Profesional

Berikut manfaat temu ireng untuk kesehatan yang dapat kamu ketahui, diantaranya:

1.Baik bagi Kesehatan Kulit

Tak hanya menggunakan skincare, kamu juga perlu menutrisi kulitmu dari dalam. Temu ireng bisa menjadi salah satu cara untuk menutrisi kulit.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada temu ireng bisa menjaga kulit dari radikal bebas dan penuaan dini. Sehingga kesehatan dan kecerahan kulit akan terjaga.

Halaman:

Editor: Husain F.P

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x