3 Alat Musik Betawi yang Biasa Digunakan dalam Tradisi Betawi

- 13 Mei 2022, 09:35 WIB
Ilustrasi Tanjidor
Ilustrasi Tanjidor /YouTube/

JAKSELNEWS.COM - Alat musik Betawi yang biasa digunakan saat acara tradisi Betawi memang banyak sekali jenisnya. Dan untuk kegunaannya juga berbeda beda dari setiap jenis alat musik.

Ada yang biasa digunakan untuk acara yang nuansanya meriah ada juga yang acara nuansanya lebih religius. Sehingga pemilihan jenis alat musik juga perlu disesuaikan dengan jenis acara yang akan dilangsungkan.

3 Alat Musik Betawi yang Bisa Dipelajari

Alat musik tradisi yang biasa digunakan di daerah Betawi memang cukup banyak sekali, tetapi setidaknya ada beberapa yang bisa diketahui. Dan jika memungkinkan dipelajari dan coba dimainkan agar tetap terus eksis digunakan.

Berikut ini ada 3 jenis alat musik tradisional Betawi yang bisa coba dipelajari dan dimainkan.

Gambang Kromong

Musik tradisional Betawi yang pertama adalah Gambang Kromong, dan nama tersebut diambil dari alat musik yang memang digunakan yakni Gambang dan Kromong. Meskipun tidak hanya dua jenis alat musik saja yang dimainkan pada musik jenis ini, tetapi tetap dikenalnya Gambang Kromong.

Baca Juga: 3 Alat Musik Tradisional yang Perlu Diketahui dan Coba Dipelajari

Untuk Gambang Kromong ini biasanya digunakan sebagai musik pengiring seperti Lenong ataupun Tari Cokek. Namun, bisa juga kok tampil menjadi penampilan tunggal untuk menampilkan seni musik yang mandiri.

Tanjidor

Musik selanjutnya yang menjadi ciri khas dari daerah Betawi adalah Tanjidor dan jenis musik ini memang cukup terkenal jika membahas musik tradisi dari Betawi. Untuk lagu yang dimainkan pada kesenian musik ini juga merupakan lagu khas Betawi yang memang banyak dimainkan.

Alat musik yang dimainkan pada seni musik Tanjidor ini cukup banyak sekali, mulai dari trombon sampai dengan drum. Dan biasanya jenis musik ini dimainkan ketika ada acara yang memang bernuansa Betawi.

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x