4 Tugas Malaikat Jibril yang Perlu Diketahui

- 29 Mei 2022, 22:56 WIB
Tugas malaikat Jibril
Tugas malaikat Jibril /Pixabay/Sciencefreak/

JAKSELNEWS.COM - Tugas Malaikat Jibril yang paling banyak diketahui adalah sebagai penyampai wahyu Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW yakni beberapa potongan ayat pertama pada Al-Qur’an. Tetapi perlu diketahui juga bahwa Malaikat Jibril memiliki beberapa tugas yang lainnya dan tugas tersebut memang belum banyak orang mengetahuinya. Dan tugasnya pun tidak kalah penting dengan tugas sebagai penyampai wahyu Allah SWT.

Baca Juga: 10 Nama Malaikat dan Tugasnya yang Perlu Diketahui

4 Tugas Malaikat Jibril

Perlu diketahui bahwa setiap malaikat yang diciptakan oleh Allah SWT pasti memiliki tugas dan amah yang memang berbeda-beda untuk setiap malaikatnya. Salah satunya Malaikat Jibril yang memiliki 5 tugas yang diemban, berikut ini beberapa tugas tersebut.

1. Menyampaikan Wahyu

Tugas yang pertama, yakni sebagai yang menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW  salah satunya. Dan surat dari Al-Qur’an yang diturunkan Allah SWT secara berangsur, melalui Malaikat Jibril wahyu tersebut disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW.

Sehingga diciptakannya Malaikat Jibril memang ditugaskan sebagai penyampai wahyu dari Allah SWT.

2. Memimpin Malaikat Turun ke Bumi

Tugas lainnya yang diberikan kepada Malaikat Jibril adalah sebagai pemimpin para malaikat yang akan turun ke bumi ketika malam Lailatul Qadar. Tentunya malam yang ada di Bulan Ramadhan ini adalah malam mulia yang penuh dengan keberkahan dan keselamatan.

Baca Juga: Malaikat Raqib: Malaikat Pencatat Amal Baik Setiap Makhluk

3. Memenuhi dan Menahan Permintaan Atas Doa yang Dipanjatkan

Tugas selanjutnya dari Malaikat Jibril adalah sebagai perantara pemenuh dan penahan setiap doa yang dilakukan oleh umat manusia. Tentunya setiap doa yang dilantunkan memiliki hajat yang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

4. Pendamping Ketika Sakaratul Maut dalam Keadaan Suci

Terakhir, Malaikat Jibril akan mendampingi ketika sakaratul maut orang-orang yang sedang dalam kondisi suci. Dan Malaikat Jibril akan membantu orang tersebut dalam kondisi sakaratul maut itu agar mendapatkan rahmat dan kemudahan dalam kondisi tersebut.

Diatas merupakan 4 tugas Malaikat Jibril yang diberikan oleh Allah SWT, dan semua tugasnya memang akan selalu dikerjakan sesuai dengan perintah Allah SWT.

Halaman:

Editor: Setiawan R


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x