Memahami Tugas Malaikat Atid Sebagai Pencatat Perbuatan Buruk

- 29 Mei 2022, 23:21 WIB
Tugas malaikat Atid
Tugas malaikat Atid /Pixabay/PublicDomainPictures/

JAKSELNEWS.COM - Tugas Malaikat Atid yakni untuk mencatat semua amal buruk yang dilakukan oleh manusia pada saat hidup di dunia. Pencatatan tersebut sebagai bukti atas segala hal yang dilakukan oleh manusia ketika hidupnya dan akan mendapatkan balasannya di alam akhirat.

Dengan adanya Malaikat Atid juga memang akan membuat setiap gerak dan langkah dari manusia akan selalu diikuti dan dipantau. Jika nyatanya ketika melakukan sesuatu hal yang buruk, maka akan langsung dicatat oleh Malaikat Atid untuk dipertanggungjawabkan.

Baca Juga: 2 Fakta dan Tugas Malaikat Munkar dan Nakir

Adapun manfaat dari mengetahui tugas dari Malaikat Atid di kehidupan ini, sebab bisa membuat manusia menjadi lebih berhati-hati ketika melakukan sesuatu. Dan bisa menjadikan manusia menjauhi segala hal yang memang bisa menjadi catatan buruk baginya yang akan dicatatkan.

Maka dari itu, seperti salah satu poin dari rukun iman yang diajarkan pada pendidikan agama yakni Iman kepada Malaikat harus juga diimplementasikan dalam sehari-hari. Sebab dengan begitu, hidup akan menjadi lebih baik dan akan selalu merasa diawasi oleh Allah SWT.

Baca Juga: 2 Tugas Malaikat Ridwan yang Paling Utama

Manfaat Paham Tentang Tugas Malaikat Atid

Seperti yang sudah dikatakan pada sebelumnya, bahwa malaikat Atid diciptakan oleh Allah untuk mencatat semua hal buruk yang dilakukan oleh manusia. Sehingga ketika hari perhitungan atau hisab semua hal buruk tersebut akan ditimbang dengan amal baiknya.

Dan semua hal yang sudah dilakukan akan terpampang dengan nyata ketika hari perhitungan tersebut. Jika nyatanya timbangan amal yang dimiliki oleh orang tersebut lebih berat amal buruknya maka semua itu memang akan dibalas ketika hari pembalasan tiba.

Baca Juga: 4 Tugas Malaikat Jibril yang Perlu Diketahui

Sehingga adanya Malaikat Atid memang harus bisa selalu mengingatkan manusia ketika akan berbuat buruk, maka akan ada yang mencatatnya. Dan hasil catatan tersebut akan ada pertanggungjawabannya kelak di hari perhitungan dan pembalasan.

Halaman:

Editor: Setiawan R


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x