3 Jenis Alat Musik Ritmis yang Bisa Coba Dipelajari

- 1 Juni 2022, 21:39 WIB
Tamborine alat musik ritmis
Tamborine alat musik ritmis /Unsplash/Kit Suman/

JAKSELNEWS.COM - Alat musik ritmis memang salah satu alat musik yang banyak juga orang menggemarinya untuk digunakan. Dan memang cukup unik juga cara memainkannya dan juga suara yang dihasilkannya juga cukup bisa mengikuti nada dari melodis.

3 Alat Musik Ritmis dan Cara Menggunakannya

Kendang

Alat ritmis pertama yang bisa coba untuk dipelajari cara menggunakannya adalah Kendang. Salah satu alat musik tradisional juga yang banyak dipelajari untuk orang-orang yang memang senang akan alat musik.

Cara memainkannya juga yang cukup memerlukan teknik dan skill yang tinggi agar bisa menjadi suatu musik yang harmonis. Sedang harus bisa memadukan pukulan antara beberapa jenis kendang yang tersedia dan sudah satu paket untuk dimainkan. Mulai dari Kendang Indung, Kulanter dan beberapa kendang kecil yang menjadikan satu paket kendang untuk dimainkan.

Baca Juga: 3 Jenis Alat Musik Melodis yang Populer Digunakan

Triangle

Alat musik ritmis kedua yang bisa coba dipelajari adalah Triangle, salah satu alat ritmis juga yang dikatakan termasuk melodis. Sebab ada satu suara dari Triangle menghasilkan nada yang menjadikannya seperti alat musik melodis.

Tetapi memang untuk alat musik ini hanya dimainkan sebagai alat musik pengiring dan memang nadanya tidak jelas juga. Dan memang suara yang dihasilkannya berasal dari setiap sisi yang berjumlah 3 sisi yang sama sisi. Untuk cara memainkannya memang cukup dipukul menggunakan alat untuk menghasilkan bunyi pada setiap sisinya.

Baca Juga: 3 Alat Musik Betawi yang Biasa Digunakan dalam Tradisi Betawi

Tamborin

Alat musik terakhir yang bisa coba untuk dipelajari dan dimainkan adalah Tamborin, salah satu alat musik yang memang cukup banyak dimainkan pada zaman dulu. Dan untuk suara yang dihasilkan dari alat musik ini seperti gemerincing dan terdengar nyaring.

Untuk cara memainkannya memang mudah, hanya dengan digoyangkan atau juga bisa dipukul dan akan menghasilkan suara. Dan biasanya alat musik ini memang dimainkan sebagai pengiring dari alat musik seperti melodis dan ritmis.

Coba pelajari ketiga alat musik ritmis diatas untuk menambah wawasan dari pengetahuan tentang alat musik yang dimiliki.

Halaman:

Editor: Setiawan R


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x