3 Alat Musik Jawa yang Banyak Digunakan Saat Acara Tradisi

- 1 Juni 2022, 21:49 WIB
Gamelan
Gamelan /Unsplash/ Mufid Majnun/

JAKSELNEWS.COM - Apabila membahas alat musik Jawa memang sungguh banyak sekali jenisnya dan kegunaannya. Sebab pulau Jawa merupakan salah satu pulau yang besar juga di Indonesia, sehingga persebaran tradisi juga akan lebih banyak juga, salah satunya alat musik tradisi.

3 Alat Musik Jawa Tradisional

Tidak kalah dengan daerah pulau yang lainnya, daerah pulau Jawa juga menyimpan banyak jenis alat musik yang biasa dimainkan ketika acara tradisi dilakukan. Tentunya ada banyak jenis alat yang biasa dimainkan sesuai dengan kebutuhannya.

Berikut ini ada 3 jenis alat musik yang biasa dimainkan di daerah pulau Jawa.

Baca Juga: 3 Jenis Alat Musik Ritmis yang Bisa Coba Dipelajari

Angklung

Alat musik yang pertama adalah Angklung, salah satu alat musik yang berasal dari pulau Jawa atau lebih tepatnya daerah Jawa Barat. Alat musik ini berbahan dasar dari bambu yang dibentuk dengan sedemikan rupa sehingga menghasilkan sebuah suara yang merdu.

Saat ini Angklung sudah banyak dimodifikasi dengan musik-musik genre seperti EDM salah satunya. Ada musisi asal Bandung yang memperkenalkan Angklung yang bisa dimainkan untuk mengiringi musik EDM. Beliau bernama Manshur Praditya, dan berkat beliau juga, alat musik ini bisa dimainkan dengan nada melodis.

Baca Juga: 3 Jenis Alat Musik Melodis yang Populer Digunakan

Gamelan

Jenis alat musik yang kedua adalah Gamelan, alat musik tradisi yang memang biasa dimainkan pada acara upacara tradisi yang ada di daerah Jawa. Tentunya alat musik ini juga merupakan alat musik yang berada dari pulau Jawa atau lebih tepatnya dari daerah Jawa Tengah.

Untuk memainkan jenis musik Gamelan ini memang dibutuhkan beberapa alat musik tambahan yang akan dipadukan menjadi satu nada yang indah untuk didengarkan. Biasanya alat musik ini dimainkan ketika acara pernikahan salah satunya, atau bisa ditemui ketika ada acara wayang.

Baca Juga: 3 Alat Musik Betawi yang Biasa Digunakan dalam Tradisi Betawi

Halaman:

Editor: Setiawan R


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x