Betadine Bunuh 99,99Persen Virus Corona, Beneran Tuh?

- 21 Juli 2020, 12:49 WIB
ilustrasi berkumur dengan Betadine. (dailymail) /

Baru-baru ini beredar kabar tentang hasil studi terbaru di Singapura, yang menyatakan kalau Betadine efektif membunuh 99,99 persen virus corona. Provider pengembangan produk farmasi Mundipharma menegaskan bahwa hal tersebut benar.

Mundipharma mengungkapkan bahwa pengujian laboratorium di Duke-NUS Medical School di Singapura mengonfirmasi keefektifan Betadine terhadap virus corona.

Berdasarkan pengujian tersebut menunjukkan aktivitas virudical Betadine in-vitro yang kuat dapat membunuh 99,99 persen virus Covid-19 dalam waktu 30 detik.

“Hasil ini mengonfirmasi produk antiseptik Betadine yang digunakan secara tepat dan bersamaan dengan pengobatan pencegahan lainnya termasuk PPE dapat berperan dalam membatas penyebaran infeksi termasuk COVID-19,” kata CEO Mundipharma yang dikutip dari Pikiran-Rakyat.com pada Selasa 21 Juli 2020.

Adapun produk antiseptik Betadine yang diuji adalah produk yang memiliki kandungan PVP-1 10 persen, pembersih kulit PVP-1 7,5 persen, obat kumur PVP-1 1,0 persen dan semprotan tenggorokan PVP-SAYA 0,45 persen.

Tak cuma di Singapura, penelitna Duke-NU di Malaysia juga menunjukkan hasil yang sama. Produk Betadine dan Mouthwash PVP-1 1,0 persen mampu membunuh 99,99 persen virus corona dalam tempo 15 detik.

Penelitian ini telah diterima oleh British Dental Journal (BDJ) dan diterbitkan pada 26 Juni 2020. 

 

Editor: Ardi Soedirjo

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X