Merasa Sulit Tidur? Ketahui 6 Cara Cepat Tidur yang Dijamin Cepat dan Lelap

- 30 Juli 2020, 23:40 WIB
Ilustrasi orang yang sedang tidur /

JAKSELNEWS - Memiliki tidur yang berkualitas adalah impian semua orang. Para ahli sudah banyak mengatakan bahwa kualitas tidur yang baik merupakan sebuah cara yang mudah untuk mendapatkan kesehatan dan menjamin umur panjang. Tidur yang baik dianggap juga untuk merasakan tubuh yang lebih baik dan membantu kinerja otak. Namun, kebanyakan orang mempunyai masalah dalam tidurnya. 

Selain kualitas yang dianggap kurang baik, untuk tidur terlelap juga membutuhkan waktu yang lumayan lama. Memiliki kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan efek negatif kepada tubuh, termasuk kinerja otak dalam memproses informasi, emosi, dan juga efek fisik lain yang dapat terlihat. Ikuti cara-cara berikut untuk membantu kamu tidur juga dan memiliki kualitas tidur yang baik!

Dari Suhu hingga Musik: Cara Ampuh Agar Kamu Dapat Tertidur Cepat

Selain suhu ruangan, hal-hal yang perlu kamu perhatikan adalah kebiasaan yang kamu buat untuk mendapat kualitas tidur yang baik. Mulai dari mendinginkan suhu ruangan sampai membayangkan hal-hal bahagia dapat membuatmu tidur dengan cepat dan juga nyenyak. Ikuti cara-cara berikut yang dapat membantumu tidur cepat dan membuat tidurmu di malam hari lebih berkualitas.

Baca juga:  Ini 3 Pekerjaan Yang Cocok Dilakukan Sambil Kuliah!

1. Dinginkan Ruanganmu 

Para ahli berpendapat bahwa suhu tubuhmu akan berubah ketika kamu tertidur. Menurut sebuah penelitian, suhu utama badanmu akan berkurang dan suhu tangan dan kakimu akan menjadi lebih hangat. Ketika ruanganmu menjadi terlalu hangat, kamu akan kesusahan untuk tertidur lelap. Sangat perlu bagimu untuk mengatur suhu ruanganmu menjadi lebih dingin, yaitu menjadi 14 sampai 24 derajat celcius. 

Para ahli juga berpendapat untuk mandi dengan air hangat ataupun air yang dingin untuk membuat suhu tubuhmu berubah. Ketika suhu berubah, otak akan memberikan sinyal bagi tubuhmu untuk segera tidur

2. Atur Pernapasan Sebelum Tidur

Beberapa dari kamu mungkin familiar dengan teknik pernapasan “4-7-8”. Teknik ini dikenal sangat mudah namun dapat memberi pengaruh yang besar dengan kualitas tidurmu. Teknik ini pun mempunyai pola yang diimplementasikan untuk membuat sistem saraf menjadi tenang. Teknik pernapasan ini juga cocok untukmu jika kamu merasa tegang. 

Cara melakukan “4-7-8” teknik ini pun sangat mudah. Pertama, letakkan lidahmu pada bagian belakang gigi bagian atasmu. Lalu bernafaslah melalui mulut dengan mengeluarkan suara mendesis. Setelah itu, tutuplah mulutmu dan hiruplah napas melalui hidung sambal menghitung sampai 4. Tahan nafas sambil menghitung hingga 7. Lalu keluarkan nafas melalui mulut dengan membuat suara mendesis sambil menghitung sampai 8. Ulangi langkah—langkah tersebut hingga 3 kali. Melakukan teknik bernapas ini dapat membuatmu tidur dengan cepat

3. Jadwalkan Tidurmu

Bagi sebagian orang, membuat jadwal untuk tertidur pada malam hari dapat membantu untuk tidur cepat. Karena, tubuh memiliki sistem bernama sirkadian. Ritme Sirkadian ini digunakan tubuh sebagai jam untuk membuat tubuh berpikir dan siap untuk tertidur ketika malam hari. Bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap harinya akan membantu tubuhmu dalam meregulasikan waktu tidur yang tepat. 

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X