Punya Kebiasaan Menggigit Kuku? Inilah Penyebabnya!

- 12 Agustus 2020, 10:31 WIB
Ilustrasi wanita sedang menggigit kuku
Ilustrasi wanita sedang menggigit kuku /Andrea Piacquadio/

Jakselnews.com - Apakah kamu salah satu di antara mereka yang memiliki kebiasaan menggigit kuku (nail biting)? Ternyata kebiasaan gigit kuku atau Onychophagia bukan sekedar kebiasaan yang sepele.

Menurut Freud, kebiasaan menggigit kuku disebabkan oleh adanya tahap Psikoseksual yang belum usai, yaitu pada tahap oral dalam tahap perkembangan Psikoseksual. 

Kebiasaan menggigit kuku, seperti dilansir Jakselnews dari calmclinic.com juga merupakan bentuk dari agresi terhadap diri sendiri atau self-hatred. Frustrasi, merasa bosan, kecemasan,  gugup atau gelisah serta kebiasaan yang dipelajari sejak kecil juga dianggap sebagai faktor yang menyebabkan timbulnya kebiasaan ini.

Baca juga: Kesalahan Umum Penyebab Dietmu Sia-sia

Kebiasaan menggigit kuku banyak ditemukan pada anak yang menderita Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), yaitu sebesar 74 persen dan pada Major depressive disorder sebesar 6.7 persen. 

Berdasarkan penelitian oleh Silva dan rekan pada tahun 2019, menggigit kuku termasuk dalam kebiasaan oral lainnya yang dapat mengakibatkan perubahan bentuk gigi, termasuk terjadinya maloklusi (malocclusion), yaitu posisi atau susunan gigi dan rahang yang berantakan.

Selain itu, beberapa studi menunjukkan jika kebiasaan menggigit kuku berkaitan dengan masalah perilaku sedangkan yang lainnya beranggapan jika kebiasaan ini berkaitan dengan gejala kecemasan atau kebiasaan saat gugup.

Baca juga: Benarkah Tarot Dapat Meramalkan Masa Depan?

Deskripsi kasus yang dilakukan oleh Siddiqui dan rekan pada tahun 2017 menunjukkan jika individu mungkin saja mengembangkan kebiasaan ini berawal dari situasi nyaman yang diperoleh dari kegiatan menggigit kuku. Ketika dalam situasi stres, individu mungkin saja menggigit kuku dan mengasosiasikan perilaku ini dengan situasi stres hingga menjadi kebiasaan. 

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x