Hal – Hal Kecil Yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badanmu

- 13 Agustus 2020, 07:30 WIB
Ilustrasi berat badan / pixabay /

JAKSELNEWS.COM – Banyak yang telah melakukan usaha dalam menurunkan berat badan, namun tidak sedikit juga orang yang gagal dalam menjalankannya. Seringkali kegagalan dalam diet tidak disadari oleh mereka, diet dapat menjadi gagal ketika tidak ada plan yang konsisten dalam menjalankannya.

Diet yang ketat seringkali menjadi pilihan ketika ingin menurunkan berat badan, namun hal tersebut tidak baik untuk kesehatan tubuh, selain itu kenyataannya diet yang ketat juga tidak efektif untuk menurunkan berat badan. Banyak hal kecil yang dapat membantumu dalam menjalankan diet agar diet tidak terasa menyiksa, dikutip dari besthealthmag.ca, berikut hal – hal yang dapat dilakukan untuk membantu menurunkan berat badanmu,

  1. Catat semua yang kamu makan

Sebelum memperbaiki pola makan, sebaiknya mulailah dengan mencatat apa saja yang kamu makan setiap harinya, dengan begitu kamu akan tetap mengontrol kalori yang masuk ke dalam tubuhmu. Dalam melakukan diet sangat penting untuk mengontrol apa saja yang dikonsumsi agar diet yang kamu lakukan tetap berjalan dengan baik.

Baca juga: Selandia Baru Lockdown Kota Terbesar Setelah 100 Hari Bebas Transmisi Lokal, Apa Yang Terjadi?

  1. Lakukan diet sesuai dengan kebutuhan tubuhmu

Dalam melakukan diet tidak boleh mengikuti tren yang sedang ramai, terlebih jika plan diet tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan tubuhmu. Diet yang baik adalah diet yang dilakukan mengikuti dengan kebutuhan tubuh masing – masing orang, lakukanlah rutinitas makan yang mengakomodasi dirimu dan kebutuhan tubuhmu.

Jika tubuhmu membutuhkan nutrisi dari makanan yang kamu konsumsi maka penuhilah dengan tetap memakan makanan yang kaya akan nutrisi dan tidak membuat dirimu tersiksa.

  1. Minum air putih sebelum makan

Menurut penelitian meminum air putih minimal satu gelas sebelum makan dapat mengurangi nafsu makan, hal ini dikarenakan meminum air putih membuatmu lebih cepat merasa kenyang, sehingga keinginan dalam melahap makanan akan ikut berkurang.

Selain itu, terkadang rasa haus yang datang seringkali terasa sama dengan rasa lapar, maka dengan meminum air putih terlebih dahulu sebelum makan akan membantu dalam menurunkan berat badan, kemudian tetap makan pada waktu yang ditentukan. Dengan menerapkan cara ini setiap hari maka jumlah kalori yang akan dikonsumsi juga akan berkurang.

  1. Makan dengan piring berwarna merah

Untuk menghindari makan berlebihan cobalah dengan taktik menakut – nakuti, misalnya dengan menggunakan peralatan berwarna merah. Penelitian menunjukan bahwa peralatan makan yang anda gunakan akan mempengaruhi tentang rasa. Harles Spence, penulis buku Gastrophysics The New Science of Eating, menemukan bahwa piring merah memicu sinyal penghindaran atau bahaya yang membuat kita makan lebih sedikit.***

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X