4 Manfaat Berbicara dalam Dua Bahasa

- 13 Agustus 2020, 15:24 WIB
ilustrasi bicara /

JAKSELNEWS.COM - Belajar bahasa baru selain bahasa yang digunakan sehari-hari menjadi salah satu hal yang biasa di masa globalisasi saat ini. Beberapa sekolah bahkan sudah memasukkan pelajaran bahasa tambahan selain Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Ketika mempelajari bahasa asing yang tidak biasa digunakan dalam keseharian, mungkin saja beberapa dari kita merasa kesulitan. Tapi, tahukah kamu apa saja manfaat berbicara dalam dua bahasa? 

1. Mempercepat penyelesaian masalah 

Kemampuan berbicara dalam dua bahasa atau bahkan beberapa bahasa  mempengaruhi struktur otak, terutama pada area yang berkaitan dengan fungsi eksekutif. Berdasarkan artikel review Abutalebi & Perani, biasanya individu yang berbicara dalam dua bahasa lebih cepat dalam menyelesaikan konflik ketimbang mereka yang hanya menguasai satu bahasa. 

2. Menunda penuaan 

Terjadinya Alzheimer dapat tertunda hingga rata-rata lima tahun kemudian pada mereka yang berbicara dalam dua bahasa, seperti dilansir Jakselnews dari oxfordhousecbn.com.  

Baca juga: [BREAKING NEWS] - Inggris Resmi Masuk ke Jurang Resesi setelah Ekonomi -20,4% di Kuartal II 2020

3. Membangun relasi dengan orang lain dari berbagai negara

Menguasai dua bahasa atau bahkan lebih, terutama bahasa yang umum digunakan oleh beberapa negara membuat kita dapat memiliki relasi baru dengan orang lain dari berbagai negara. Melakukan video call atau voice call bersama tentu saja dapat menambah pengetahuan kita tentang budaya orang lain dan membuat kita memiliki perspektif baru tentang dunia. 

4. Mudah beradaptasi dalam situasi yang berbeda

Halaman:

Editor: Husain F.P


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X